Pengalaman Mengikuti PembaTIK Level 1 (Literasi TIK)

sumber : Rumah Belajar

Tak terasa sudah sampai ke Pembatik Level 4 (Berbagi TIK), dari yang awalnya hanya sekedar mencoba di PembaTIK Level 1 (Literasi TIK) tetapi pada akhirnya selalu lanjut karena rasa penasaran saya terhadap program peningkatan kompetensi TIK guru dari kemdikbud ini. Ibarat bermain game yang setiap level ada challenge-nya yang harus dikalahkan, seperti itulah saya saking penasarannya terhadap program PembaTIK ini.

Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu PembaTIK. PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling). *sumber


Saya sendiri mengikuti PembaTIK Level 1 ini ditahun 2020. Sebanyak 71390 orang guru terdaftar dan mengikuti pada Level 1 dan dibagi menjadi beberapa gelombang. Saya sendiri tergabung di PembaTIK Level 1 Gelombang 19.


Pada Level 1 terdapat beberapa materi yang harus dipelajari seperti :

  • Pengenalan Perangkat TIK Dasar
  • Internet untuk pembelajaran
  • Internet sehat, bijak dan aman
  • Aplikasi untuk pembelajaran

Dan pada akhir kegiatan belajar ada semacam penilaian akhir atau jika kita anggap sebagai siswa maka akan ada ulangan untuk PembaTIK Level 1 ini. Jika membaca dan mengikuti setiap kegiatan belajarnya pasti dengan mudah melewati tahap ini. Itu sudah saya buktikan dengan memperoleh nilai yang cukup untuk melanjutkan ke Pembatik Level 2.


Itu sedikit pengalaman saya dalam mengikuti PembaTIK Level 1 (Literasi TIK). Pada artikel berikutnya saya akan kembali dengan pengalaman mengikuti PembaTIK Level 2 (Implementasi TIK) yang sedikit berbeda dengan PembaTIK Level 1. Semoga apa yang saya bagikan menjadi gambaran Bapak/Ibu Guru yang akan atau sedang mengikuti PembaTIK Level 1 (Literasi TIK).

Rekomendasi artikel untuk anda :

Kembali ke atas

Ayo bagikan artikel ini biar temanmu juga tahu!