Dukungan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kab. Karangasem Terhadap Diseminasi Rumah Belajar


Tidak dipungkiri bahwa tidak semua guru memiliki literasi TIK yang sama. Hal ini tentu akan membuat beberapa guru memerlukan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan perubahan sistem pembelajaran jarak jauh ini. Dengan adanya kondisi ini, apakah harus berputar arah dan menggunakan cara konvensional dalam memberikan layanan proses pembelajaran seperti hanya memberikan tugas di LKS dan meminta siswa belajar mandiri di rumah? Tentu hal ini akan semakin membuat siswa kebingungan dan berakibat pada ketidaktercapaian target pembelajaran. Mengetahui hal tersebut, tentu diperlukan suatu solusi yang mampu menjawab permasalahan yang dihadapi ini.

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif di kelas. Rumah Belajar menyediakan berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung PJJ seperti sumber belajar, kelas maya, bank soal, lanoratorium  maya, dan modul digital. Rumah Belajar juga merupakan salah satu layanan yang dapat diakses dengan menggunakan kuota belajar dari Kemdikbud sehingga ini tentunya akan menjadi hal yang baik dan bermanfaat untuk diterapkan dalam membelajarkan peserta didik tanpa harus membebani mereka dalam hal kuota internet.

Tujuan umum dilaksanakan diseminasi ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam hal literasi TIK dalam mensukseskan pembelajaran jarak jauh yang sedang dilaksanakan. Yang dalam hal ini kami selaku Sahabat Rumah Belajar Provinsi Bali Tahun 2020 berkewajiban untuk turut mensukseskan proses pembelajaran jarak jauh yang salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada di portal rumah belajar.


Bak gayung bersambut, ketika kami melakukan kunjungan dan berharap dukungan dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem, dari pihak dinaspun menyetujui dan memberikan dukungannya kepada kami.

Bersama Rumah Belajar, Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia !

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas