Menghapus Otomatis History/Riwayat Perjalanan di Google Maps

Menghapus Otomatis History/Riwayat Perjalanan di Google Maps-Untuk layanan peta atau maps mungkin sudah sangat familiar atau sering sahabat gunakan.

Menghapus Otomatis History/Riwayat Perjalanan di Google Maps - Untuk layanan peta atau maps mungkin sudah sangat familiar atau sering sahabat gunakan. Salah satu aplikasi peta di smartphone adalah Google Maps meskipun ada beragam jenis aplikasi serupa tentu Google Maps masih menjadi andalan sahabat ketika berpergian ataupun membagikan lokasi melalui aplikasi perpesanan.

Menghapus Otomatis History/Riwayat Perjalanan di Google Maps

Rekaman riwayat perjalanan

Tak khayal Google Maps juga merekam setiap aktivitas yang sahabat kerjakan ketika menggunakan aplikasi tersebut lengkap dengan tanggal berserta waktunya. Pada sisi positifnya dari perekaman tersebut Google selaku penyedia layanan akan dengan mudah memberikan dukungan layanan lain misalnya saran lokasi yang pernah anda kunjungi, review destinasi yang sering anda kunjungi maupun yang berada di dekat anda, tak hanya itu Google juga akan menyarankan beberapa iklan terkait sesuai dengan lokasi atau tempat anda berada.

Sisi negatif

Selain sisi positif yang sudah admin kasi tahu diatas, ternayata ada loh sisi negatifnya. Hal ini dikarenakan karena riwayat atau history perjalanan yang terekam otomatis bisa saja menjadi boomerang yang dapat merugikan kita sendiri.

Pasalnya, data-data berupa riwayat perjalanan sangatlah penting dan private. Jika data-data tersebut jatuh ke tangan yang salah, bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang negatif. Anda mungkin perlu menghapus jejak di Google Maps dalam beberapa waktu tertentu.

Menghapus riwayat perjalanan di google maps

Nah untuk mengatasi dampak buruk dari perekaman otomatis Google Maps kali ini admin akan sharing bagaimana cara menghapusnya dalam jangka waktu tertentu. Simaklah langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Bukalah aplikasi Google Maps anda, update ke versi terbaru jika sahabat masih menggunakan versi yang lama.

2. Klik menu foto akun google anda yang ada pada pojok kanan atas aplikasi.

3. Kemudian pilihlah menu "Your Timeline".

4. Lanjutkan dengan mencari menu "Automatically delete Location History".

5. Setelah itu silakan anda klik pada "Manage settings".

6. Didalam manage settings tersebut ada beberapa pilihan seperti :

  • Mengapus ativitas otomatis lebih lama dari 3 bulan
  • Mengapus ativitas otomatis lebih lama dari 18 bulan
  • Mengapus ativitas otomatis lebih lama dari 36 bulan
  • Jangan hapus otomatis

7. Pilihlah salah satu, misalkan disini admin coba untuk menghapus otomatis perekaman history Google Maps lebih dari 36 bulan. Ini berarti jika data aktivitas perjalanan lebih dari 36 bulan akan secara otomatis dihapus dari Google Maps.

8. Terakhir silakan Confirm jika sudah selesai.

Dengan demikian riwayat pejalanan anda di Google Maps akan terhapus otomatis sehingga dapat meminimalisir dampak negatif dari perekaman riwayat perjalanan yang ada. 

Demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Kembali ke atas

Ayo bagikan artikel ini biar temanmu juga tahu!