Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K) : Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K) - Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK

Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K) - Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang pedagogi.

Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K)

Materi sebelumnya: Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K) : Karakter Peserta Didik

Pengantar

Kompetensi

Pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi ini dikembangkan dengan tujuan mengembangkan kompetensi calon guru PPPK sehingga mampu mengembangkan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Indikator Pencapaian Kompetensi

Setelah mempelajari materi 3 tentang Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, diharapkan Anda mampu: 

  1. Guru mampu menjelaskan konsep HOTS;
  2. Guru mampu merancang pembelajaran HOTS; dan
  3. Guru mampu menganalisis kompetensi dasar.

Materi Pokok

Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran sebagai berikut.

  1. Konsep Berpikir Tingkat Tinggi
  2. Kompetensi Keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication)

Bahan Belajar Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Mengapa Anda harus mempelajari materi ini?

Keterampilan tingkat tinggi merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu mengembangkan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi, antara dalam hal menjelaskan konsep HOTS, merancang pembelajaran HOTS; serta menganalisis kompetensi dasar.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari konsep berpikir tingkat tinggi dan materi terkait kompetensi keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication) dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 

Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi.

Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Bloom membagi keterampilan menjadi dua bagian. Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu: mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).  Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skills (HOTS) didefinisikan sebagai proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar (Resnick,1987). 

Pembelajaran yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi adalah pembelajaran yang melibatkan tiga aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu: transfer of knowledge, critical and creative thinking, dan problem solving. Proses pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi tidak memandang level Kompetensi Dasar (KD), apakah KD nya berada pada tingkatan C1, C2, C3, C4, C5, atau C6.

Untuk lebih memahami materi keterampilan berpikir tingkat tinggi, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan. Anda dapat membaca materi secara online atau mengunduhnya untuk dipelajari secara offline.

Unduh: Pembelajaran 3. Keterampilan berpikir tingkat tinggi

Bahan Pendukung

Silakan Anda pelajari bahan paparan di bawah ini! Bahan paparan tersebut memuat poin-poin penting terkait materi yang sedang Anda pelajari.

Materi selanjutnya: Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K) : Desain Pembelajaran

Semoga bermanfaat.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Kembali ke atas

Ayo bagikan artikel ini biar temanmu juga tahu!