Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K) : Konsep Penilaian

Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K) - Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK

Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K) - Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang pedagogi. 

Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K)

Materi sebelumnya: Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K) : Dasar Komunikasi

Pengantar

Kompetensi

Pembelajaran konsep penilaian ini untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pengembangan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Indikator Pencapaian Kompetensi

Setelah mempelajari materi pokok 6 tentang konsep penialaian, diharapkan Anda mampu: 

  1. Menjelaskan fungsi penilaian;
  2. Mengimplementasikan penilaian pada kurikulum 2013;
  3. Mengembangkan penilaian untuk peserta didik.

Materi Pokok

Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran sebagai berikut.

  1. Fungsi Penilaian.
  2. Penilaian dalam Kurikulum 2013.
  3. Penilaian oleh Pendidik.

Bahan Belajar Konsep Penilaian

Mengapa Anda harus mempelajari materi ini?

Konsep penilaian merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu melaksanakan pengembangan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi fungsi penilaian, penilaian dalam kurikulum 2013, dan penilaian oleh pendidik  dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 

Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. 

Konsep Penilaian

Pengumpulan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik membutuhkan teknik dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristik penilaian masing-masing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik. 

Untuk mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus merumuskan sejumlah indikator pencapaian kompetensi (IPK). IPK digunakan sebagai acuan penilaian. Pendidik atau satuan pendidikan (sekolah) juga harus menentukan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Penilaian bukan sekadar untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Selama ini, seringkali penilaian cenderung dilakukan hanya untuk mengukur hasil belajar peserta didik, sehingga penilaian diposisikan seolah-olah sebagai kegiatan yang terpisah dari proses pembelajaran. Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).

Berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, Lingkup penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik; penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan penilaian hasil belajar oleh Pemerintah. Penilaian Hasil belajar oleh pendidik terdiri atas penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Untuk lebih memahami materi mengenai konsep penilaian, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan. Anda dapat membaca materi secara online atau mengunduhnya untuk dipelajari secara offline.

Unduh: Pembelajaran 6. Konsep Penilaian

Bahan Penunjang

Silakan Anda pelajari bahan paparan di bawah ini! Bahan paparan tersebut memuat poin-poin penting terkait materi yang sedang Anda pelajari.

Agar memudahkan Anda dalam membacanya, gunakan tampilan layar penuh dengan menekan kotak terputus pada paparan tersebut.

Semoga bermanfaat.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas