Contoh SK Akreditasi Sekolah SMA/MA 2021

Contoh SK Akreditasi Sekolah SMA/MA 2021 - Akreditasi Sekolah merupakan penilaian mandiri yang dilaksanakan satuan pendidikan guna memenuhi standar.

Contoh SK Akreditasi Sekolah SMA/MA 2021 - Akreditasi Sekolah merupakan penilaian mandiri yang dilaksanakan satuan pendidikan guna memenuhi standar. Yang dimaksud dengan standar disini adalah Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan yang merupakan tolak ukur kualitas suatu lembaga pendidikan formal.

SK Akreditasi Sekolah SMA/MA 2021
Contoh SK Akreditasi Sekolah SMA

Sebelum penilaian akreditasi sekolah tersebut tentu ada hal-hal yang perlu disiapkan oleh satuan pendidikan seperti membuat susunan panitia akreditasi maupun persiapan bukti fisik akreditasi.

Baca juga: Perangkat Bimbingan TIK Kelas 7, 8, 9 SMP Terbaru

Apa itu Akreditasi Sekolah?

Berdasarkan Permendikbud Nomor 59 Tahun 2012 (pasal 1 ayat 2) Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

Sekolah sebagai pengguna dapat mengakses situs dengan alamat disini. Terdapat   8 Standar yang diambil dari daftar Isian Akreditasi (DIA) Akreditasi sekolah merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional-Standar Minimal (BAN-SM). Tujuannya untuk menjaga kualitas suatu lembaga pendidikan formal sehingga paling tidak lembaga tersebut memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) pendidikan.

8 Standar Akreditasi Sekolah

Bukti Fisik Akreditasi Dokumen SisPeNa SMA. Secara umum kaitannya dengan dokumen yang harus dipersiapkan dalam menghadapi akreditasi SMA sebagai berikut:

  1. Standar Isi (Mulai butir 1 sampai dengan butir 9)
  2. Standar Proses  (10 sampai dengan butir 30)
  3. Standar Kompetensi Lulusan (31 sampai dengan 37)
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (38 sampai dengan 56)
  5. Standar Sarana dan Prasarana (57 sampai dengan 84)
  6. Standar Pengelolaan (85 sampai dengan 100 )
  7. Standar Pembiayaan (101 sampai denganm116)
  8. Standar Penilaian (117 sampai dengan 129)

Setiap butir ada beberapa penjelasan dan dokumen yang perlu dipersiapkan oleh sekolah. Bagi anda yang membutuhkan penjelasan perbutir soal pada instrumen akreditasi sekolah dapat anda unduh di akhir artikel ini.

Download SK/Susunan Panitia Akreditasi Sekolah SMA/MA

Berikut admin sediakan contoh SK Susunan Panitia Akreditasi Sekolah dalam format Microsoft Word sehingga anda dapat dengan mudah mengeditnya. Unduh dengan menekan tombol download dibawah ini.

Jika anda baru pertama kali mendownload file di situs ini, silakan baca dahulu panduan downloadnya : baca cara download.

Download SK Akreditasi SMA/MA

Demikian pembahasan mengenai Contoh SK atau Susunan Panitia Akreditasi Sekolah SMA/MA tahun 2021. Semoga apa yang admin bagikan dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya.

Baca juga: Download Bukti Fisik Akreditasi SMA Terlengkap

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas