Memasang Komputer Secara Aman

Langkah pertama

Langkah ini dimulai dengan menegeluarkan monitor dan casing komputer dari kotak. Copot semua penutup plastik atau pita perekat pelindung. Letakkan monitor dan casing komputer di atas meja.
Pastikan casing komputer telah diletakkan pada area yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini akan mencegah komputer overheat (panas berlebihan).

Langkah Kedua

Persiapkan kabel monitor. Terdapat beberapa jenis kabel monitor dan kemungkinan kabel monitor komputer Anda tidak sama seperti gambar di bawah ini.
Jika Anda kesulitan menemukan kabel monitor, maka Anda dapat melihat instruksi manual komputer Anda. (Jika Anda memiliki komputer all-in-one, maka Anda dapat meloncat ke Langkah 4).

Langkah Ketiga

Sambungkan salah satu ujung kabel monitor ke port monitor di belakang casing komputer dan ujung lainnya ke monitor. Jika Anda menggunakan kabel VGA seperti gambar di bawah ini, maka Anda perlu mengencangkan sekrup pada kabel monitor.


Banyak kabel komputer yang memerlukan cara pemasangan tertentu. Jika kabel tidak dapat atau susah dicolok, maka sebaiknya Anda jangan memaksakan untuk mencolokkannya karena dapat merusak lubang portnya. Pastikan posisi port dan kabel sejajar, lalu Anda dapat mencoba mencoloknya.

Langkah 4

Selanjutnya, Anda dapat memasang keyboard. Namun sebelumnya Anda pastikan apakah colokan keyboard tersebut menggunakan USB (berbentuk persegi panjang) atau PS/2. Jika keyboard menggunakan konektor USB, maka colokkan konektor tersebut ke salah satu port USB di belakang komputer. Jika keyboard menggunakan konektor PS/2, maka colokkan konektor pada port berwarna ungu di belakang komputer.


Langkah 5

Langkah ini dimulai dengan memasang mouse dan sebelum melakukannya pastikan apakah konektornya menggunakan USB atau PS/2. Jika menggunakan konektor USB, maka colokkan konektor ke salah satu port USB di belakang komputer. Jika menggunakan konektor PS/2, maka colokkan konektor ke port berwarna hijau di belakang komputer.


Jika Anda menggunakan mouse atau keyboard nirkabel (wireless), maka Anda harus menghubungkan dongle Bluetooth (adaptor USB) ke komputer Anda. Namun, sebagian besar komputer memiliki bluetooth built-in sehingga tidak perlu menggunakan dongle tersebut.

Langkah 6

Jika Anda memiliki speaker atau headphone eksternal, Anda dapat menghubungkannya melalui port audio (terletak di depan atau belakang casing komputer). Banyak komputer memiliki port dengan warna tertentu. Speaker atau headphone terhubung ke port berwarna hijau, dan mikrofon terhubung ke port berwarna merah muda. Port berwarna biru adalah port line in, yang dapat digunakan untuk beberapa perangkat tertentu.


Beberapa jenis speaker, headphone, dan mikrofon memiliki konektor USB. Konektor ini dapat dihubungkan ke semua port USB. Selain itu, sebagian besar komputer telah memiliki speaker atau mikrofon built-in di monitor.

Langkah 7

Carilah dua kabel daya listrik yang sudah termasuk saat Anda membeli komputer Anda. Pasang ujung kabel listrik pertama ke belakang casing komputer dan ujung lainnya ke stavolt. Kemudian pasang ujung kabel listrik kedua ke belakang monitor dan ujung lainnya ke stavolt.

Anda juga dapat menggunakan UPS sebagai sumber daya listrik sementara saat sumber daya listrik utama padam dan sebagai stavolt.

Langkah 8

Langkah terakhir adalah menghubungkan stavolt ke stopkontak. Tekan saklar stavolt ke posisi ON (jika mempunyai saklar ON/OFF) untuk menyalurkan listrik dari stavolt ke komputer.

Jika Anda tidak memiliki stavolt, Anda dapat menghubungkan langsung kedua kabel daya listrik ke stopkontak. Namun hal ini tidak dianjurkan karena lonjakan arus listrik dapat merusak komputer Anda.

Langkah 9

Jika Anda memiliki printer, scanner, webcam, atau perangkat lainnya, maka Anda dapat menghubungkannya di tahap ini. Banyak peripheral yang sifatnya plug and play, yang berarti dapat langsung digunakan setelah disambungkan ke komputer.
Peripheral lainnya mungkin memerlukan perangkat lunak atau aplikasi yang harus diinstal terlebih dahulu sebelum dapat digunakan. Bacalah petunjuk instalasi dengan cermat supaya peripheral dapat digunakan dengan baik.

Pada umumnya peripheral adalah perangkat opsional yang dapat Anda gunakan kapanpun. Dengan kata lain, Anda tidak perlu memasang peripheral saat pemasangan awal komputer Anda.

Berikut step by step pemasangan komputer, simaklah video berikut.


*sumber:
https://edu.gcfglobal.org/en/computer-basics-(bahasa-indonesia)/memasang-menyiapkan-komputer/1/

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas