PJJ, Implementasi PembaTIK di Tengah Pandemi Menuju Indonesia Maju

Amanat Undang-Undang Dasar 1945 alinea keempat, secara implisit menjelaskan pendidikan bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah untuk mencapai pendidikan yang berkualitas demi kesejahteraan bersama. 

Di masa sekarang ini di bawah pemerintahan Presiden RI, Bapak Joko Widodo, melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Bapak Nadiem Makarim, mengeluarkan kebijakan yang dianggap revolusioner, yakni program “Merdeka Belajar”. Program tersebut mengusung konsep kemerdekaan berpikir dan kebebasan belajar untuk mutu pendidikan. Di sisi lain, program pembelajaran berbasis TIK (PembatTIK) menjadi embrio pengembangan program merdeka belajar yang dapat meningkatkan kompetensi guru dan siswa di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, khususnya dalam kegiatan pembelajaran.

PembaTIK merupakan salah satu perwujudan pembelajaran dengan menerapkan teknologi dan informasi. Pembatik dapat memberikan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, serta mengembangkan kemandirian guru dan siswa dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui teknologi dan informasi. Oleh karena itu, program Pembatik merupakan implementasi program yang dapat menjawab tantangan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat.

PembaTIK merupakan program peningkatan kompetensi yang memiliki banyak  manfaat. Mulai dari pemahaman literasi, implementasi, kreasi, bahkan berbagi pengalaman bisa dilakukan oleh guru. Dengan mengikuti kegiatan PembaTIK secara tidak langsung kita ikut menyosialisasikan beragam media pembelajaran yang ada pada portal rumah belajar. Bersamaan dengan itu, kita telah berkontribusi dalam kemajuan pendidikan di Indonesia, menjalin relasi sesama tenaga pendidik untuk berbagi pendidikan melalui teknologi dan Informasi. 

Di tengah pandemi seperti ini sudah dirasakan PembaTIK menjadi solusi pembelajaran masa kini. PembaTIK, sebenarnya sudah dilaksanakan oleh guru melalui program pembelajaran jarak jauh (PJJ). Melalui PJJ, PembaTIK memberi ruang pembelajaran bermakna. Program ini dapat mengatasi permasalahan yang dialami siswa saat ini. Hal itu sudah dirasakan oleh guru dan siswa bahwa pembelajaran berbasis TIK menjadi embrio pembelajaran masa kini. Pembelajaran jarak jauh dengan berbagai pengembangan program merdeka belajar, seperti belajar mengedepankan kreativitas melalui media TIK, pengembangan life skill melalui teknologi, kegiatan belajar di rumah (pembelajaran kontekstual) dan berbagai kegiatan lainnya sudah dilakukan oleh guru. Semua itu tersebut dilaksanakan melaui program PJJ guna menciptakan pendidikan yang unggul. Dengan demikian program PembaTIK dapat memberikan pengalaman kontekstual yang mampu meningkatkan kompetensi guru. 

Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang telah ditetapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim saat situasi pandemi Covid-19 menjadi solusi paling tepat pembelajaran masa kini.  Melalui sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) berbasis kebebasan berpikir, PJJ menjadi program implentasi pembelajaran berbasis TIK. Implementasi PJJ terbukti mampu membuat para guru berinovasi melakukan pembelajaran daring. Kondisi ini melahirkan sistem pendidikan kombinasi yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui implementasi PJJ tercipta pembelajaran berbasis teknologi dan informasi.

Implementasi PJJ dapat menambah wawasan dan pemahaman guru dan siswa terkait teknologi dan informasi. Melalui hal itu, hard skills maupun soft skills bisa diperoleh dan dijadikan bekal ketika terjun lulus. Berbagai manfaat diperoleh dari program Pembatik lain: (1) Terbangunnya budaya belajar berbasis TIK; (2) Meningkatkan kreativitas guru dan siswa; (3) Meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills siswa agar mampu bersing setelah lulus; (4) Meningkatlan kualitas SDM unggul dan berkepribadian mulia, serta (5) menciptakan Indonesia maju. Dengan demikian program PembaTIK menjadi solusi pembelajaran jarak jauh di detangah pandemi menuju Indonesia maju.  


Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya dan Maju Indonesia !!!

Rekomendasi artikel untuk anda :

Kembali ke atas

Ayo bagikan artikel ini biar temanmu juga tahu!