Membuat XML Sitemap untuk Blog Terbaru

Membuat XML Sitemap untuk Blog Terbaru - Pada artikel terdahulu admin pernah membagikan tutorial bagaimana membuat html sitemap di blogger.

Membuat XML Sitemap untuk Blog Terbaru - Pada artikel terdahulu admin pernah membagikan tutorial bagaimana membuat html sitemap di blogger. Bagi sahabat yang ketinggalan dan belum sempat membacanya bisa melihat tutorial sebelumnya dengan membuka tautan berikut :

Membuat sitemap responsive untuk Blog

Apa itu sitemap

Sitemap merupakan suatu alat bantu yang digunakan baik oleh pengunjung situs maupun search engine untuk mempermudah perayapan sebuah situs website, sehingga kita dapat dengan mudah menuju artikel yang kita kehendaki. Seperti yang telah admin sampaikan pada artikel sebelumnya, bahwa sitemap dibedakan menjadi dua jenis yaitu html sitemap dan xml sitemap. Pada link artikel diatas admin sudah menjelaskan langkah demi langkah bagaimana membuat sitemap html pada sebuah halaman atau page di blogger. Nah, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi tutorial lagi bagaimana membuat xml sitemap.

Kenapa membuat xml sitemap

Seperti yang kita telah ketahui bersama html sitemap ditunjukkan kepada pengunjung situs guna mempermudah menjelajahi situs kita berbekal html sitemap tersebut. Html sitemap sangat ramah dengan pengunjung suatu situs karena penggunaannya sangat mudah, berbeda halnya dengan xml sitemap yang tidak mungkin dibaca oleh pengunjung suatu situs web. Xml sitemap sendiri ditujukan kepada suatu search engine guna mempermudah suatu mesin pencari merayapi isi dari suatu situs web. Sehingga diharapkan hasil dari perayapan tersebut membuat artikel yang kita terbitkan bisa diindex secara cepat oleh mesin pencari seperti google.

Membuat xml sitemap

Setelah memahami konsep sitemap diatas mari kita lanjutkan tentang bagaimana membuat xml sitemap di platform blogger.

  • Langkah pertama, tentu anda harus mempunyai situs web yang nantinya akan anda buatkan xml sitemapnya.
  • Bukalah link berikut : buat sitemap
  • Pada kotak generate sitemap masukkan alamat situs/blog sahabat, seperti contoh di bawah ini.
  • Selanjutnya tekan tombol generate sitemap tersebut maka secara otomatis akan muncul xml sitemap sahabat. 
  • Selesai, xml sitemap sahabat sudah berhasil dibuat.
Selanjutnya xml sitemap tersebut bisa di sahabat unggah pada mesin pencari seperti google maupun di tempel/paste pada menu crawlers and indexing di blogger.

Menambahkan xml sitemap di blog

Untuk menambahkan xml sitemap di blog sahabat harus membuka menu setting kemudian lanjutkan scroll kebawah sampai ketemu menu crawlers and indexing, kemudian tempelkan kode xml sitemap yang sudah disalin ke custom robot.txt. Jangan lupa aktifkan custom robot.txt terlebih dahulu.

Perhatikan gambar berikut lebih jelasnya.

Mengunggah xml sitemap di Google

Mengunggah xml sitemap tergolong penting dilakukan guna mempercepat mesin pencari seperti google dalam merayapi setiap artikel yang telah di buat. Berikut langkah-langkah mengungah xml sitemap ke google search console.

  • Bukalah link Google Search Console
  • Selanjutnya carilah menu Sitemap
  • Berikutnya sahabat tinggal mengunggah xml sitemapnya seperti gambar berikut.

  • Terakhir sahabat tinggal klik tombol submit.
Selesai, itulah pembahasan bagaimana membuat xml sitemap, menerapkannya diblog sampai mengunggahnya di google search console. Akhir kata semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semuanya. Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan pada kotak komentar dibawah.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas