Plugged In Not Charging Pada Laptop Asus ROG

Plugged In Not Charging Pada Laptop Asus ROG - Mungkin banyak yang mengalami kendala seperti yang saya jumpai pada artikel kali ini. Beberapa bulan se

Plugged In Not Charging Pada Laptop Asus ROG - Mungkin banyak yang mengalami kendala seperti yang saya jumpai pada artikel kali ini. Beberapa bulan setelah membeli laptop Asus Republic of Gamers atau yang disingkat ROG ada sedikit permasalahan pada saat akan mengisi daya baterai, untuk itu saya berusaha menuliskan permasalahan dan cara mengatasinya pada artikel kali ini.

Permasalahan

Baik langsung saja ke permasalahannya, awal pembelian laptop ini tidak ada kendalah dan nyaris sempurna karena dari segi spesifikasi atau kemampuan untuk bermain game maupun sekedar mengolah grafis biasa pastilah lancar bahkan sangat ringan. 

Bayangkan saja game seperti PES 2020, Dota 2, Call of Duty, PUBG, dan lain-lain mampu dilibas dengan sangat baik bahkan setingan gratisnya mentok rata kanan alias high. Permasalahan dimulai entah bagaimana ketika beberapa bulan pemakaian baterai tidak bisa diisi dengan normal seperti biasanya.

Sudah juga bertanya ke beberapa teman apakah pernah mengalami hal yang sama, tetapi hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya mencoba browsing tetapi juga sama, saya tidak menemukan solusi yang benar-benar bisa memberikan jawaban. Hingga akhirnya saya melihat beberapa pengaturan pada baterai di Asus ROG. 

RSOC (Relative State Of Charge)

Jadi didalam teknologi baterai Asus ROG ada yang namanya RSOC (Relative State Of Charge atau Status Pengisian Relatif) yang berfungsi untuk memungkinkan kita mengatur daya maksimum yang dapat disimpan oleh baterai. Hal ini diclaim bisa memperpanjang masa pakai dari baterai laptop itu sendiri.

Untuk beberapa model, Battery Health Charging sudah terintegrasi di MyASUS. Sahabat dapat memerikasa Hardware Setting dari My ASUS seperti tambilan di bawah ini.

Sahabat juga bisa mengaksesnya melalui system tray yang terdapat pada taskbar. Perhatikan gambar dibawah ini.

Atau mengetikkan langsung nama aplikasinya pada pencarian di taskbar, seperti gambar dibawah ini.

Solusi masalah

Ternyata dari setting aplikasi tersebut bisa mempengaruhi cara laptop dalam mengisi daya ke baterainya. Terdapat tiga menu pilihan yang disediakan yang semuanya mempunyai fungsi dan kelebihannya masing-masing. Sahabat bisa mengaturnya sesuai kebutuhan dan salah satu penyebab laptop Asus ROG maupun laptop Asus yang lain bermasalah ketika diisi daya atau plugged in not charging salah satunya adalah pemilihan setting pada Asus Battery Health Charging.

Untuk mengatasi masalah tersebut gunakanlah pilihan Full Capacity Mode. Sekian pembahasan artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi sahabat semua.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Kembali ke atas

Ayo bagikan artikel ini biar temanmu juga tahu!