Cara Membuat Polling/Survey di Blog

Cara Membuat Polling/Survey di Blog - Polling, voting dan survey sebenarnya hampir mirip yaitu mempunyai tujuan menentukan jumlah jawaban suatu hal

Cara Membuat Polling/Survey di Blog - Polling, voting dan survey sebenarnya hampir mirip yaitu mempunyai tujuan yang sama yaitu menentukan jumlah jawaban terhadap suatu hal. Dalam melakukan jejak pendapat atau pengumpulan suara terhadap suatu hal kita bisa menggunakan salah satu diantara metode tersebut. 

Pengertian Polling

Polling adalah metode pengumpulan suara yang lebih luas jangkauan dan cara pemungutan suaranya, tidak mesti menggunakan kertas pemilihan saja. Partisipan yang berhak ikut serta pun lebih luas jangkauannya, tidak hanya suatu kelompok di tempat itu saja. Misalnya diikuti oleh semua orang yang berusia 18tahun ke atas. Hasilnya pun biasanya hanya diambil beberapa sampel saja hanya untuk mendapatkan rata-rata jawaban dari pertanyaan yang diajukan.

Membuat Polling di Blog atau Web

Bermacam-macam platform menyediakan layanan untuk membuat jejak pendapat ini, seperti Google Form, Blogger, Poll maker dan sebagainya. Nah, pada tutorial kali ini admin akan membahas bagaimana membuat polling dengan menggunakan poll maker agar bisa di tautkan pada halaman artikel sebuah situs maupun blog.

Ikutilah langkah-langkah pembuatan polling berikut.

1. Silakan buka situs poll maker dengan klik disini.

2. Setelah situs poll maker terbuka buatlah akun terlebih dahulu, mengapa membuat akun? Iya hal ini penting supaya kita bisa merekap hasil jejak pendapat nantinya. Kecuali kalian tidak ingin melihat hasilnya maka bisa di lewati saja langkah nomor 2 dan 3.

3. Untuk mendaftar kalian bisa menggunakan akun facebook ataupun akun google. Tinggal kalian pilih salah satu.

4. Setelah berhasil mendaftar dan masuk, maka silakan lanjutkan dengan membuat pertanyaan beserta pilihan jawaban. Perhatikan gambar dibawah ini, pada nomor 1 ketikkanlah pertanyaannya dan pada nomor 2 ketikkan pilihan jawabannya.

5. Lanjutkan pada tab Themes, disini kalian bisa memilih salah satu desain yang hendak dipakai untuk mempercantik tampilan polling nantinya. 

6. Lanjut ke tab Settings, aturlah sesuai keperluan kalian. Disini admin tidak akan terlalu menjelaskan tab Settings karena sangat menyesuaikan dengan keperluan yang beragam dari pembuat polling. 

7. Kemudian lanjutkan pada tab Share, perhatikan nomor 2 pilihlah Compatible dan pada nomor 3 pilih saja 100% agar menyesuaikan dengan lebar situs atau blog kalian.

8. Masih di tab Share, pada menu Embed silakan kodenya disalin saja.

9. Langkah terakhir silakan tempel/paste saja kode yang kalian salin tadi pada artikel atau postingan blog dengan memilih mode HTML view.

10. Setelah itu silakan kembalikan ke mode Compose view atau bisa klik pada Pratinjau/Preview maka tampilan polling sudah berhasil ditambahkan pada artikel.

Berikut merupakan contoh polling atau jejak pendapat yang sudah berhasil ditambahkan.

setujukah libur ditunda?
Setuju saja
Tidak Setuju

Demikian pembahasan bagaimana membuat polling pada sebuah halaman situs maupun blog. Jika sahabat masih mengalami kendala silakan tuliskan pertanyaan pada kolom komentar dibawah ya.

Semoga bermanfaat.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas