Contoh Soal Kompetensi Teknis P3K 2021 Paket 2

Contoh Soal Kompetensi Teknis P3K 2021 - Pada pembahasan dibawah ini admin akan berbagi beberapa soal kompetensi teknis pada tes PPPK (P3K).

Contoh Soal Kompetensi Teknis P3K 2021 - Pada pembahasan dibawah ini admin akan berbagi beberapa soal kompetensi teknis pada tes PPPK (P3K). Selain kompetensi teknis terdapat materi lain yang akan diujian dalam seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Contoh Soal Kompetensi Teknis P3K 2021 Paket 2

Baca juga: Contoh Soal Kompetensi Teknis P3K 2021 Paket 1

Adapun materi yang akan diujikan dalam seleksi PPPK tahun 2021 antara lain:

  • Kompetensi Teknis (Sesuai Mata Pelajaran)
  • Tes Bakat Skolastik (penalaran) 
  • Manajerial 
  • Sosio-Kultural
  • Pertanyaan wawancara (dijawab secara tertulis)

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasanya Pemerintah pada tahun 2021 ini akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Tidak tanggung-tanggung ada 1,3 juta kuota untuk mengisi kekosongan ASN tersebut. 

Kuota penerimaan CASN sebesar 1,3 juta yang terdiri dari: 

  • 1 juta formasi guru PPK. 
  • 189.000 formasi ASN di pemerintah daerah. 
  • 83.000 formasi CPNS/CPPPK ASN di pemerintah pusat. 

Jumlah 1,3 juta formasi ini merupakan kebutuhan untuk 2 tahun, yakni 2020 sampai 2021. 

Sementara itu formasi yang dibuka dalam penerimaan CASN 2021, yakni Formasi Guru PPPK. Pelamar dari Guru Honorer Eks THK-2 dan Lulusan PPG. Formasi ASN pemerintah daerah. Terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru dan 119.000 CPNS jabatan teknis yang sangat diperlukan termasuk tenaga kesehatan. 

Maka untuk mempersiapkan diri alangkah baiknya anda mempelajari semua materi yang diujikan dalam seleksi penerimaan PPPK tahun ini, salah satunya adalah materi mengenai kompetensi teknis.

Soal PPPK Kompetensi Teknis Paket 2

1. Disediakan dua magnet dan paku, siswa melakukan percobaan tarik menarik kutub medan  magnet. Komponen tujuan pembelajaran yang kurang dari hal tersebut adalah...
A. Condition
B. Behavior dan degree
C. condition dan degree
D. Audience
E. degree

Pembahasan
Audience adalah peserta didik
Behavior merupakan tingkah laku atau perilaku atau aktivitas suatu proses
Condition: persyaratan yang perlu dipenuhi agar perilaku yang diharapkan dapat tercapai.
Degree juga merupakan tingkat penampilan yang dapat diterima oleh siswa setelah melalui 
rangkaian sajian proses pembelajaran

2. Media yang cocok untuk menjelaskan tentang banjir bandang ... 
A. Video
B. Gambar Banjir
C potongan artikel di media cetak
D. peta persebaran wilayah banjir
E. berita perkiraan cuaca di televisi

3. Media yang tepat untuk mengajarkan kebutahan ekonomi vang melonjak tinggi adalah ...
A. Potongan artikel media cetak 
B. Video di kanal voutube
C. tayangan berita di televisi
D. dattar harga barang pokok terbaru
E. buku paket

4. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. Hal ini sesuai dengan prinsip ....
A. Terbuka
B. menyeluruh.
C. bermakna
D. adil
E. Obyektif 

Prinsip Penilaian
1.Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang  diukur.
2.Obdjektif, berarti penitaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak  dipengaruhi subjektivitas penilai.
3.Adil. berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutunan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat,  status sosial ekonomi. dan gender.
4 Terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak  terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
6. Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.
7. Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.
8. Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
9. Akuntabel, berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik,  prosedur, maupun hasilnya.

5. Pak Liman adalah seorang guru olah raga pagi ini dia akan mengadakan peniaian praktik berenang. Prinsip penilaian yang dilakukan adalah....
A. sahih
B. obyektif
C. menyeluruh
D. sistemtatis
E. beracuan kriteria

6. Bu Linda adalah seorang guru seni, Hari ini dia ingin menilai kemampuan siswa dalam  membuat lukisan, selain hasil lukisan siswa yang di nilai , teknik dalam menggambar, cara  menggunakan alat dan perlengkapan dan juga sikap siswa dalam menghargai karya  temannya juga menjadi acuan dalam penilaian. Dalam hal ini bu linda telah menerapkan  prinsip ...
A. sahih
B. obyektif
C.menyeluruh
D. sistematis
E. beracuan kriteria

Pembahasan 
Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik

7. Pak Bejo adalah guru PKn di sekolah “mekar Indah”. Dia tinggal di desa Mangun Harjo.  Siska adalah tetangga dari Pak Bejo. Setiap pembagian hasil evaluasi siska selalu diberi nilai 85 oleh pak Bejo. Sementara Rudi siswa yang paling pintar di kelasnya hanya mendapat 80. Dari kasus di atas artinya Pak Bejo tidak melaksanakan prinsip penilaian...
A. Adil
B. obyektif
C. menyeluruh
D. sistematis
E. beracuan kriteria

Pembahasan
Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak  dipengaruhi subjektivitas penilai. Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena  berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat,  status sosial ekonomi, dan gender. 

8. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Rendra guru Fisika. Jumlah nomor soal ada 10. Siswa dengan absen ganjil mengerjakan nomor ganjil, siswa dengan nomor absen genap mengerjakan soal nomor genap. Yang dilakukan Pak Rendra tidak sesuai dengan prinsip penilaian...
A. Adil
B. obyektif
C.menyeluruh
D. sistematis
E. beracuan kriteria

Pembahasan
Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.

9. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Bobi guru Bahasa Jawa. jumlah nomor soal  ada 10. Siswa diminta untuk mengerjakan 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan. Siswa bebas memilih 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan pak Bobi Yang dilakukan Pak Bobi tidak sesuai dengan prinsip penilaian...
A. Adil
B. obyektif
C. menyeluruh
D. sistematis
E. beracuan kriteria
Pembahasan
Ketidak adilan dalam pengerjaan siswa

10. Pagi ini penyerahan Raport untuk siswa “SMP Mekar Sari”. Bu Neni adalah Guru  Matematika di SMP tersebut. Saat sehabis pembagian raport tiba tiba bu neni di datangi oleh orang tua murid sambal marah marah dan menggerutu karena nilai anaknya jelek padahal menurutnya anaknya adalah siswa yang pintar Bu neni kemudian menjelaskan teknik prosedur dan hasil pengolahan nilainya dari nilai harian, PTS, dan PAS serta nilai sikap siswa dengan buku catatan penilaian yang lengkap. Dan akhimya orang tua siswa tersebut dapat mengerti bahwa nilai anaknya memang sesuai dengan fakta. Dengan demikian Bu neni telah melaksanakan prinsip penilaian...
A. Adil
B. obyektif29
C. menyeluruh
D. sistematis
E. akuntabel
Penilaian dapat dipertanggungjawabkan

Itu tadi 10 dari 40 soal paket 2 yang admin sediakan, untuk mempelajari soal nomor 20 sampai dengan 40 beserta kunci dan pembahasannya silakan download paket soalnya dibawah ini.

Download Soal Kompetensi Teknis P3K 2021 Paket 2

Jika anda berminat mengunduh semua contoh soal diatas silakan tekan tombol download dibawah ini.

Kompetensi Teknis Paket 2

Demikian sharing mengenai contoh soal-soal kompetensi teknis PPPK paket 2, semoga apa yang admin bagikan dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya.

Baca juga: Download Kumpulan Soal P3K (Semua Formasi) dan Jawabannya

Dapatkan update artikel langsung di Beranda Facebook anda → klik disini atau langsung bergabung di grup telegram → klik disini.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas