Dokumen yang Perlu Disiapkan Saat Pendaftaran PPPK (P3K) 2021

Dokumen yang Perlu Disiapkan Saat Pendaftaran PPPK (P3K) 2021 - Seleksi PPPK guru tahun 2021 sudah diambang pintu dan sangat dinantikan

Dokumen yang Perlu Disiapkan Saat Pendaftaran PPPK (P3K) 2021 -  Seleksi PPPK guru tahun 2021 sudah diambang pintu dan sangat dinantikan oleh putra dan putri terbaik bangsa ini untuk mengabdikan diri sebagai Aparatur Sipil Negara.

Dokumen yang Perlu Disiapkan Saat Pendaftaran PPPK (P3K) 2021

Baca juga: Download Contoh Soal PPPK 2021 Lengkap

Terutama besar harapan rekan-rekan guru yang honorer dapat lulus seleksi PPPK guru Tahun 2021 ini. Seleksi PPPK guru tahun 2021 ini adanya persyaratan administrasi. Untuk lebih memahami berkaitan dengan seleksi PPPK tahun 2021 anda juga harus memahami dengan baik alur pendaftaran PPPK guru tahun 2021.

Diantara persyaratan adminstrasi yang sangat penting sebagai penentu kelulusan seleksi administrasi adalah kelengkapan dokumen. Bila merujuk dari pengalaman yang gagal seleksi PPPK adalah dokumen yang unggah tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing instansi yang dilamar. 

Tentunnya kejadian ini sangat merugikan pelamar Seleksi PPPK guru, karena telah gugur sebelum ujian seleksi dilaksanakan dengan kata lain disebut dengan istilah "Kalah Sebelum Berperang". 

Agar kejadian ini tidak terjadi pada anda pelamar seleksi PPPK guru tahun 2021 tentunya perlu ketelitian dalam mempersiapkan dokumen yang diperlukan sesuai dengan permintaan panitia pelaksana seleksi PPPK guru Tahun 2021.

Perlu diingat bahwa setiap instansi memiliki persyaratan dokumen yang berbeda-beda. Namun secara umum hampir sama diseluruh Indonesia. Dokumen apa saja yang perlu dipersiapakan oleh calon pelamar seleksi PPPK Guru tahun 2021? 

Di bawah ini adalah berbagai dokumen yang perlu anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum proses pendaftaran dibuka oleh instasi masing-masing.

Persiapkan Dokumen

Pasfoto

Pasfoto yang akan anda gunakan sebaiknya memiliki kualitas yang bagus. Mengapa harus berkualitas bagus karena pasfoto ini akan digunakan sebagai kartu ujian bila nanti anda dinyatakan lulus seleksi administrasi. 

Dengan kualitas photo yang bagus tentunya akan mempermudah panitia pelaksana dalam melakukan verifikasi dokumen anda. Misalnya apakah pasfoto tersebut sama dengan photo yang ada pada KTP. Boleh dibilang sebagai data pembanding antara pasfoto dengan KTP. Tidak ada salahnya bila anda menggunakan photo terbaru di studio photo karena selain bagus hasilnya anda juga diberikan softcopy berupa file. 

Berapa ukuran pasfoto yang perlu dipersiapkan, berkaitan dengan ukuran paspfoto akan diinformasikan lebih lanjut termasuk warna  latar belakang/background dan ukuran besar file tersebut. Namun secara umum yang biasanya digunakan adalah backgroud/latar berwarna merah dengan ukuran 4x6. 

Scan Kartu Tanda Penduduk

Silahkan anda Scan Kartu tanda Penduduk (KTP)  anda dengan kualitas bagus. Siapkan dalam format PNG/JPG dan PDF.

Scan Ijazah dan Transkrip Nilai

Scan Ijazah dan Transkrip Nilai pada jenjang S-1/D-IV yang dimiliki oleh pelamar calon seleksi ASN PPPK Guru.

Silahkan anda Scan Ijazah dan Transkrip Nilai pada jenjang S-1/D-IV yang akan anda gunakan untuk melamar seleksi PPPK guru tahun 2021. Sekedar catatan karena mempersyaratkan ijazah S1 maka anda cukup melakukan scan Ijazah S1 saja, walaupun anda memiliki ijazah S2/S3. silahkan anda simpan file Siapkan dalam format PNG/JPG dan PDF. 

Scan Sertifikat Pendidik bagi yang memiliki

Scan Sertifikat Pendidik bagi yang memiliki  hanya diperuntukan bagi yang memiliki saja ini artinya ketentuan ini tidak berlaku bagi anda pelamar PPPK guru tahun 2021 yang tidak memiliki sertifikat pendidik.

Bagi anda pendaftar seleksi  yang menyandang disabilitas diharapkan menambahkan:

i. Surat keterangan penyandang disabilitas yang dikeluarkan oleh rumah sakit/puskesmas milik pemerintah atau yang telah ditunjuk misalnya RSUD

ii. Video singkat melakukan kegiatan sehari-hari dan menjalankan tugas sebagai pendidik. 

Selain itu ada dokumen lain yang dipersyaratkan oleh masing-masing instansi yang akan dilamar, seperti surat lamaran dan lain-lain. Anda juga perlu mempersiapkan materai 10.000 bila ada dokumen yang perlu dibubuhi materai.

Surat Lamaran

Untuk contoh surat lamaran dan lain-lain silahkan anda tunggu informasi dari masing-masing instansi. 

Beberapa dokumen di atas bila anda persiapkan dari sekarang pada hakikatnya akan mempermudah anda dalam melakukan pendafaran bila sudah tiba waktu. Persiapan yang baik besar harapannya hasilnya akan baik pula.

Sekian informasi mengenai dokumen yang perlu dipersiapkan saat pendaftaran pppk (P3K) tahun 2021. Semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya.

Baca juga: Download Kumpulan Soal P3K (Semua Formasi) dan Jawabannya

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas