Kisi-kisi Kompetensi Teknis, Manajerial dan Sosio Kultural PPPK Tahun 2021

Kisi-kisi Kompetensi Teknis, Manajerial dan Sosio Kultural PPPK Tahun 2021 - Dalam seleksi PPPK anda setidaknya harus mengetahui kisi-kisi soal

Kisi-kisi Kompetensi Teknis, Manajerial dan Sosio Kultural PPPK Tahun 2021 -  Dalam seleksi PPPK anda setidaknya harus mengetahui kisi-kisi soal yang akan keluar nantinya. Hal ini penting supaya anda fokus belajar pada materi-materi yang akan diujikan saja.

Kisi-kisi Kompetensi Teknis, Manajerial dan Sosio Kultural PPPK
Kisi-kisi Kompetensi Teknis, Manajerial dan Sosio Kultural PPPK

Tahapan penerimaan PPPK tahun 2021 saat ini sudah memasuki seleksi administrasi. Bagi yang lolos akan memasuki tahapan berikutnya yaitu ujian seleksi kompetensi tahap 1 yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 23 – 29 Agustus 2021.

Baca juga: Download Kumpulan Soal P3K (Semua Formasi) dan Jawabannya

Bobot soal Ujian Seleksi Kompetensi PPPK Guru Tahun 2021

Sebagai bahan persiapan menghadapi ujian seleksi kompetensi berikut ini saya bagikan kisi-kisi soal seleksi PPPK Guru Tahun 2021 per kompetensi.

Kompetensi Teknis

Soal kompetensi teknis akan berbeda-beda untuk setiap guru mapel yang berlainan karena berkaitan dengan materi bidangnya masing-masing. Namun untuk kompetensi pedagogi umumnya sama, menguji tentang kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik.

Sub Kompetensi Pedagogi di antaranya adalah:

  • Karakteristik peserta didik
  • Teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
  • Konsep penilaian dan keterampilan berpikir tingkat tinggi
  • Pengembangan kurikulum
  • Kegiatan pembelajaran yang mendidik

Baca juga: Bank/Kumpulan Soal PPPK (P3K) Kompetensi Teknis

Kompetensi Manajerial

Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi.

Kompetensi Manajerial terdiri dari 8 Sub Kompetensi, yaitu:

Integritas

Konsisten berperilaku selaras dengan nilai, norma dan/atau etika organisasi, dan jujur dalam hubungan dengan manajemen, rekan kerja, bawahan langsung, dan pemangku kepentingan, menciptakan budaya etika tinggi, bertanggungjawab atas tindakan atau keputusan beserta risiko yang menyertainya.

Kerjasama

Kemampuan menjalin, membina, mempertahankan hubungan kerja yang efektif, memiliki komitmen saling membantu dalam penyelesaian tugas, dan mengoptimalkan segala sumber daya untuk mencapai tujuan strategis organisasi.

Komunikasi

Kemampuan untuk menerangkan pandangan dan gagasan secara jelas, sistematis disertai argumentasi yang logis dengan cara-cara yang sesuai baik secara lisan maupun tertulis; memastikan pemahaman; mendengarkan secara aktif dan efektif; mempersuasi, meyakinkan dan membujuk orang lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Orientasi pada Hasil

Kemampuan mempertahankan komitmen pribadi yang tinggi untuk menyelesaikan tugas, dapat diandalkan, bertanggung jawab, mampu secara sistimatis mengidentifikasi risiko dan peluang dengan memperhatikan keterhubungan antara perencanaan dan hasil, untuk keberhasilan organisasi.

Pelayanan Publik

Kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kegiatan pemenuhan kebutuhan pelayanan publik secara profesional, transparan, mengikuti standar pelayanan yang objektif, netral, tidak memihak, tidak diskriminatif, serta tidak terpengaruh kepentingan pribadi/kelompok/golongan/partai politik

Pengembangan Diri dan Orang Lain

Kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan dan menyempurnakan keterampilan diri; menginspirasi orang lain untuk mengembangkan dan menyempurnakan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan dan pengembangan karir jangka panjang, mendorong kemauan belajar sepanjang hidup, memberikan saran/bantuan, umpan balik, bimbingan untuk membantu orang lain untuk mengembangkan potensi dirinya.

Mengelola Perubahan

Kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan situasi yang baru atau berubah dan tidak bergantung secara berlebihan pada metode dan proses lama, mengambil tindakan untuk mendukung dan melaksanakan insiatif perubahan, memimpin usaha perubahan, mengambil tanggung jawab pribadi untuk memastikan perubahan berhasil diimplementasikan secara efektif.

Pengambilan Keputusan

Kemampuan membuat keputusan yang baik secara tepat waktu dan dengan keyakinan diri setelah mempertimbangkan prinsip kehati-hatian, dirumuskan secara sistematis dan seksama berdasarkan berbagai informasi, alternatif pemecahan masalah dan konsekuensinya, serta bertanggung jawab atas keputusan yang diambil.

Baca juga: Download Ebook PPPK (P3K) Kumpulan Soal dan Pembahasan Tahun 2021 Terbaru

Kompetensi Sosio Kultural

Kompetensi Sosio Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang Jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan Jabatan.

Kompetensi Sosio-Kultural diturunkan dalam 1 Sub Kompetensi yaitu: 

Perekat Bangsa

Definisi Perekat Bangsa adalah kemampuan dalam mempromosikan sikap toleransi, keterbukaan, peka terhadap perbedaan individu/kelompok masyarakat; mampu menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam mempersatukan masyarakat dan membangun hubungan sosial psikologis dengan masyarakat di tengah kemajemukan Indonesia sehingga menciptakan kelekatan yang kuat antara ASN dan para pemangku kepentingan serta diantara para pemangku kepentingan itu sendiri; menjaga, mengembangkan, dan mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia.

Pada setiap tingkatan jabatan sudah ditentukan standar minimal untuk kompetensi manajerial dan kompetensi sosio-kultural yang terbagi menjadi beberapa level dari 1 – 5. Standar Kompetensi untuk jabatan Fungsional Pertama berada di level 2, dengan indikator soal yang rencananya akan saya bagikan pada postingan setelah ini.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca postingan tentang Kisi-Kisi Kompetensi Teknis, Manajerial, dan Sosio-Kultural PPPK Tahun 2021 ini sampai tuntas. Semoga ada manfaat yang bisa didapat. Sukses untuk anda yang akan melaksanakan seleksi PPPK Tahun 2021 besok.

Disarikan dari: PermenPANRB Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Standar Kompetensi Jabatan ASN

Baca juga: Bank/Kumpulan Soal PPPK (P3K) Kompetensi Sosio Kultural

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas