Cara Ampuh Mengatasi Tidak Bisa Login di Steam

Cara Ampuh Mengatasi Tidak Bisa Login di Steam - Hai gamers, apa kamu tidak bisa masuk/login disteam padahal username dan password sudah benar?

Cara Ampuh Mengatasi Tidak Bisa Login di Steam - Hai gamers, apa kamu tidak bisa masuk/login disteam padahal username dan password sudah benar?

Inilah yang saya rasakan hari ini, panik? sedikit lah bagaimana tidak banyak game yang sudah saya unduh serta ada beberapa game berbayar tidak bisa diakses. Bagaimana diakses, login saja di steam tidak bisa.

Mengatasi Tidak Bisa Login di Steam
Tidak Bisa Login di Steam

Baca juga: Plugged In Not Charging Pada Laptop Asus ROG

Apa itu Steam?

Bagi anda yang belum tahu apa itu steam admin akan jelaskan sedikit. Menurut Wikipedia, Steam adalah adalah layanan distribusi digital permainan video oleh Valve. Ini diluncurkan sebagai klien perangkat lunak mandiri pada September 2003 sebagai cara bagi Valve untuk memberikan pembaruan otomatis untuk permainan mereka, dan diperluas untuk memasukkan permainan dari penerbit pihak ketiga.

Jika admin sederhanankan seperti ini artinya, steam adalah perangkat lunak atau aplikasi mirip seperti toko game yang didalamnya terdapat banyak sekali game. Game yang ada pada steam-pun bervariasi, mulai dari yang gratis sampai berbayar.

Jika anda seorang pecandu game di PC atau komputer tentu sangat familiar dengan aplikasi steam yang satu ini. Nah, bagaimana jika anda tidak bisa login atau membuka aplikasi steam? Berikut admin berikan beberapa solusi yang bisa dilakukan.

Mengatasi Tidak Bisa Membuka atau Login di Steam

Berikut beberapa trik sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi akun steam yang tidak bisa masuk atau login.

Cek Apakah Steam Down

Hal pertama yang bisa anda lakukan sebelum ke langkah selanjutnya adalah mengecek apakah steam down atau tidak. Hal ini sangat jarang terjadi, tetapi alahkah baiknya anda mengeceknya terlebih dahulu. Jika steam down maka semua pengguna steam akan tidak bisa login/masuk.

Anda bisa mengeceknya melalui situs unofficial seperti Steam Status.

Mengatasi Tidak Bisa Login di Steam

Stop Proses Steam

Langkah berikutnya yang bisa anda coba adalah menghentikan semua proses steam yang berjalan. Untuk menghentikan semua proses ini anda bisa membuka task manager terlebih dahulu. Tekan kombinasi tombol CTRL ALT dan DELETE pada keyboard kemudian pilih Task Manager.

Jika Task Manager sudah terbuka silakan cari steam kemudian klik kanan dan end task (akhiri tugas). Seperti gambar dibawah ini.

Mengatasi Tidak Bisa Login di Steam

Lakukan hal yang sama untuk proses steam yang masih berjalan. Jika sudah semua proses steam di akhiri dengan perintah end task, coba buka ulang steam apakah kali ini sudah bisa login atau belum.

Coba Login di Web Steam

Ini merupakan langkah terakhir yang bisa anda coba, admin mencoba langkah yang terakhir dan berhasil. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs https://store.steampowered.com/, kemudian klik pada tombol login.

Mengatasi Tidak Bisa Login di Steam

2. Isikan pada Steam account name dengan username yang biasa anda gunakan untuk login dan Passwordnya. Jika sudah klik pada tombol Sign In.

3. Biasanya akan ada kode pengaman atau security code yang dikirimkan ke email yang tertaut dengan akun steam anda. Coba dibuka email anda dan lihatlah apakah ada kode yang diberikan. Jika ada silakan anda ketikkan pada kolom yang tersedia.

Mengatasi Tidak Bisa Login di Steam

4. Terakhir klik pada tombol Sign In, maka anda sudah masuk pada aplikasi steam.

Nah jika sudah berhasil, coba anda buka kembali aplikasi steam di komputer anda, lihatlah sekarang akun anda sudah bisa masuk ke steam.

Note: jika anda gagal pada langkah ke-3 ini, silakan dicoba terlebih dahulu dengan menggunakan jaringan vpn. Untuk aplikasi vpn silakan anda download disini. Install seperti biasa di komputer kemudian jalankan dengan menekan tombol Secure my connection.

Demikian tutorial singkat bagaimana caranya mengatasi tidak bisa login di steam, semoga apa yang admin bahas kali ini dapat bermanfaat bagi anda semuanya. Selamat mencoba!

Baca juga: Mengatasi Game Lag (Patah-Patah) di Nvidia Geforce

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas