Soal FR Kompetensi Teknis PPPK Tahap 1 2021 dan Pembahasannya

Soal FR Kompetensi Teknis PPPK Tahap 1 2021 dan Pembahasannya - Beberapa soal field report yang keluar pada tahap 1 seleksi PPPK dapat anda pelajari.

Soal FR Kompetensi Teknis PPPK Tahap 1 2021 dan Pembahasannya - Beberapa soal field report yang keluar pada tahap 1 seleksi PPPK dapat anda pelajari. Anda pelajari serta pahami guna mempersiapkan diri menghadapi tahapan seleksi berikutnya bagi yang belum beruntung di tahap 1.

Soal FR Kompetensi Teknis PPPK Tahap 1 2021
Soal FR Kompetensi Teknis PPPK Tahap 1 2021

Baca juga: Kisi-kisi Soal PPPK (P3K) Bahasa Inggris dan Pembahasannya

Soal PPPK kompetensi teknis guru adalah salah satu tes yang akan anda lewati dalam seleksi PPPK guru nanti. Sebelum kita membahas latihan soal, apakah anda sudah tahu apa itu soal PPPK kompetensi teknis? 

Pengertian Kompetensi Teknis

Kompetensi teknis guru merupakan ujian atau seleksi bagi guru untuk mengukur kompentensinya yang berkaitan dengan bidang studi dasar serta pedogogik yang menjadi ruang lingkup guru. Kompetensi pedogogik yang diujikan merupakan bentuk implementasi antara kompentensi pedogogik dan bidang studi guru di dalam kelas.

Baca juga: 100 Contoh Soal Pedagogik Persiapan Tes PPPK Guru Honorer

Dalam seleksi PPPK, anda akan mengerjakan soal kompetensi teknis sebanyak 100 soal dan diberikan waktu hanya 120 menit. Dari banyaknya calon peserta yang dapat mengikuti Seleksi Tes ASN PPPK Guru 2021 tentunya diperlukan persiapan yang lebih maksimal agar kita yang akan menjadi kandidat terbaik di akhir proses Seleksi Tes ASN PPPK Guru di Tahun 2021.

Untuk itu perlu adanya pemahaman yang lebih mendalam terkait Materi Seleksi Tes ASN PPPK Guru 2021 yang sesuai dengan PermenPAN-RB Tahun 2021 dengan mengacu pada 3 Materi Kompetensi yang akan di gunakan untuk Materi Seleksi Tes ASN PPPK Guru Tahun 2021 ini nantinya.

Berikut ini sudah kami rangkumkan Soal Yang Keluar Fr (field record) PPPK Kompetensi Teknis Guru Tahap 1 yang dapat di pelajari calon peserta seleksi Tes ASN PPPK Guru 2021 lengkap juga pembahasannya.

Rangkuman Soal Yang Keluar PPPK Kompetensi Teknis Guru Tahap 1 2021

1. Pak Andi mengadakan ulangan dengan KD menentukan hasil operasi bilangan bulat. Dari 32 siswa ternyata 22 siswa yang tidak tuntas KKM. Apa yang sebaiknya dilakukan pak Andi ... : 
A. mengadakan pengayaan kepada 10 siswa
B. mengadakan remedial untuk 22 siswa di bawah KKM
C. melakukan pembelajaran ulang dengan media dan metode pembelajaran berbeda
D. melakukan pengayaan untuk seluruh siswa
E. memberikan tugas mandiri kepada 22 siswa yang tidak tuntas.

👉 Jawaban: C
Aturan remidial jika persentase peserta remidial
0% - 19% bimbingan individu/tugasmandiri/ tutor sebaya
20% - 49% bimbingan dalam kelompok belajar
diatas 50% pembelajaran ulang
prosentase tidak tuntas = 22/32 x 100% = 69%

2. Hasil pengolahan nilai Bahasa inggris oleh Pak Rudi menampilkan bahwa dari 32 siswa kelas 7 ternyata 28 siswa memperoleh nilai di atas atau mencapai KKM. KKM yang di tetapkan untuk pelajaran Bahasa inggris adalah 70. dan 4 siswa mendapat nilai dibawah KKM yang ditetapkan. Dari ilustrasi diatas penilaian yang demikian disebut penilaian
a. Penilaian acuan Patokan
b. Penilaian acuan norma
c. Penilaian obyektif
d. Penilaian terpadu
e. Penilaian menyeluruh

👉 Jawaban:A
PAP merupakan suatu cara menentukan kelulusan siswa dengan menggunakan sejumlah patokan Didasarkan pada batas kelulusan (KKM) Penilaian Acuan Norma (PAN) adalah penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada norma kelompok atau nilai-nilai yang diperoleh siswa dibandingkan dengan nilai-nilai siswa lain dalam kelompok Terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen kegiatan pembelajaran. Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian mencakup semua aspek kompetensi Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai

3. Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran tidak lagi dilakukan tatap  muka di dalam kelas akan tetapi juga bisa dilakukan secara virtual atau jarak jauh dengan prinsip prinsip pembelajaran berbasis teknologi. Pembelajaran model ini berbasis web dan bisa di akses menggunakan jaringan internet dimanapun dan kapanpun siswa berada. Pembelajaran yang demikian disebut pembelajaran...
 A. Semua yang hadir bukan dokter
a. Blended learning
b. E learning
c. Learning by doing
d. Self learning
e. Effisien learning

👉 Jawaban: B
Elearning adalah pembelajaran yang dilakukan secara daring berbasis web atau sejenisnya. Blended learning adalah pembelajaran yang merupakan kombinasi antara pembelajaran dalam jaringan dan luar jaringan.

4. Perhatikan tabel dibawah ini. 
Nilai P, Q, R, S berturut turut adalah.....
a. 87;70;92;79
b. 87;75;92;79
c. 87;75;92;82
d. 88;66;92;75
e. 88;75;92;75

👉 Jawaban: B
KD 4.1 karena hanya 1 jenis penilaian maka P = 87
KD 4.2 ada 2 penilaian tapi dalam satu jenis penilaian yaitu praktik maka pilih yang paling baik. Jadi Q = 75
KD 4.3 hanya ada satu penilaian maka R = 92
KD 4.4 memiliki 2 jenis penilaian yang berbeda maka hasil akhir penilaian adalah rata rata dari 75 dan 82 yaitu 8

5. Langkah langkah menulis soal tes uraian sebagai berikut kecuali....
A. Melakukan analisis KI dan KD serta indikator
B. mendefinisikan tujuan-tujuan pembelajaran dan lingkup bahan ajar yang mestinya diungkap.
C. menyusun kisi-kisi.
D. membuat atau menulis soal
E. Membuat pedoman penskoran.

👉 Jawaban:A
Langkah langkah menulis soal tes uraian
1. mendefinisikan tujuan-tujuan pembelajaran dan lingkup bahan ajar yang mestinya diungkap.
2. menyusun kisi-kisi
3. membuat atau menulis soal sekaligus dengan kunci jawaban.
4. mengorganisasikan tes menurut tipe-tipe soal yang dibuat.
5. membuat petunjuk pengerjaan soal dan penskoran.
6. mengadakan uji coba
7. merevisi soal.

Itu tadi beberapa soal kompetensi teknis yang sudah keluar pada seleksi PPPK Tahap 1 Tahun 2021, jika anda berminat mempelajari soal-soal kompetensi teknis lainnya yang sudah keluar pada seleksi tahap 1 silakan anda unduh atau download soal-soalnya pada link yang sudah admin sediakan dibawah ini.

Link Download Soal FR Kompetensi Teknis PPPK 2021

Bagi anda yang ingin mempelajari soal FR Kompetensi Teknis yang sudah keluar pada tahap 1 bisa anda unduh dengan menekan tombol download dibawah ini.

Jika anda baru pertama kali mengunduh file disitus ini alahkah baiknya baca terlebih dahulu panduan download agar tidak kebingungan ketika hendak mengunduh file. Klik: baca cara downlod.

Pdf Download FR Kompetensi Teknis 2021 Download

Demikian sharing kali ini mengenai soal-soal field report (FR) kompetensi teknis tahap 1 yang sudah keluar pada seleksi tahap 1 tahun 2021 beserta dengan pembahasannya. Semoga apa yang admin bagikan dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya.

Baca juga: Besaran Gaji PPPK 2021 Berdasarkan Golongan

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas