Mengapa Mengganti Template Blog ?

Mengapa Mengganti Template Blog ? - Tidak bisa dipungkiri lagi kalau kecepatan membuka sebuah situs web menjadi sesuatu yang sangat vital.
Mengapa Mengganti Template Blog ? - Tidak bisa dipungkiri lagi kalau kecepatan membuka sebuah situs web menjadi sesuatu yang sangat vital. Kecepatan membuka sebuah situs tidak hanya melulu tentang ringannya sebuah situs web tetapi justru mengabaikan estetika dari tampilan dari situs itu sendiri.

Perubahan tampilan

Tampilan situs ini diubah hampir disemua sisi guna memberikan pengalaman lebih nyaman ketika membaca artikel maupun bernavigasi antar menu yang ada didalamnya. Sahabat bisa melihat tampilan  yang lama dari situs ini pada gambar berikut.


Dari layout pada tampilan yang dulu terlihat disana menggunakan dua kolom. Satu kolom untuk artikel disebelah kiri dan satu lagi lebih kecil disebelah kanan yang diisi dengan berbagai widgets. Header nya pun dibuat semi-sticky artinya hanya akan melayang atau terlihat kembali ketika pengunjung melakukan scroll balik ke atas. 

Ternyata banyak yang tidak menyukai konsep tersebut karena kesulitan ketika bernavigasi baik di perangkat desktop maupun perangkat mobile. Karena hal tersebut akhirnya saya memutuskan untuk membuat header yang benar-benar diam (full sticky), sahabat bisa melihatnya sendiri di situs ini sekarang. 

Disamping itu, tampilan yang sekarang saya ubah menjadi tiga kolom. Menu navigasi berada disamping kiri ketika berselancar dengan desktop. Sedangkan di bagian kanan diisi dengan widget artikel populer, kotak berlangganan via email serta label artikel. Dibagian header tidak lagi dihiasi dengan menu navigasi, seperti yang saya terangkan tadi. Di header sendiri saya fokuskan untuk fitur pencarian.

Terakhir, alih-alih saya mencoba mengembangkan situs yang responsive lagi karena ada bagian-bagian tertentu yang terkesan "dipaksakan" sehingga tampilan di perangkat seluler pun menjadi sedikit amburadul. Sehingga saya lebih memilih tampilan yang adaptable, artinya tampilan situs ini akan beradaptasi atau menyesuaikan dengan lebar layar perangkat yang dipakai oleh pengunjung.

Kecepatan situs

Saya merasa frustasi dengan kecepatan tampilan situs yang lama. Banyangkan dari page insights milik google, situs saya hanya memperoleh skor 67 jika diakses dari perangkat seluler dan skor 92 jika diakses dari perangkat desktop. Walaupun cukup bagus dari segi perangkat desktop tetapi jika dilihat tren saat ini, kebanyakan pengunjung menggunakan perangkat seluler atau smartphone

Setelah diubah, kecepatan situs saya pun mengalami peningkatan yang cukup drastis terutama jika diakses melalui perangkat seluler. Dari page insights situs ini memperoleh skor sebagai berikut.
diakses dari smartphone

diakses dari perangkat desktop

Sedangkan dari situs gtmetrix, situs saya memperoleh skor sebagai berikut.

dites melalui situs gtmetix

Yang terakhir, saya tes kecepatannya menggunakan tools dari pingdom dengan hasil yang sangat memuaskan. Sahabat bisa melihatnya melalui gambar berikut.

dites melalui situs pingdom

Rata-rata dari ketiga situs penyedia tes kecepatan akses sebuah web diatas memberikan skor nyaris sempurna.

Fitur dark mode

Pada tampilan situs saya kali ini ditambahkan dengan mode gelap atau dark mode. Hal ini ternyata penting terutama bagi pengunjung yang berselancar dengan menggunakan smartphone. Kebanyakan dari mereka mengakses situs sambil bersantai dan lebih senang dengan warna gelap untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata.

Fitur ubah ukuran huruf

Yang tak kalah penting selain fitur dark mode adalah mengubah ukuran tulisan agar sesuai selera pembaca. Hal ini penting guna menimbulkan kesan nyaman ketika membaca dan menambah pengalaman UX (User Experience) yang lebih baik.

Fitur isi artikel

Selain fitur yang sudah saya sampaikan diatas, ada fitur yang tidak kalah apik yaitu daftar isi artikel. Fitur ini banyak dipunyai oleh situs-situs besar yang tentu sangat memperhatikan tujuan pengunjung atau pembacanya. Bagaimana tidak, dengan adanya fitur ini pengunjung bisa membaca langsung kepembahasan tertentu pada artikel yang dikehendaki, mirip seperti sahabat mencari halaman pada buku dengan melihat daftar isinya terlebih dahulu.


Tampilan fitur isi artikel seperti diatas diakses melalui perangkat seluler, ketika diakses melalui desktop fitur tersebut ada disebelah kanan. Seperti yang saya sudah jelaskan diatas beberapa fitur letaknya beradaptasi menyesuaikan dengan lebar perangkat yang dipakai oleh pembaca.

Lazy youtube

Berguna untuk memuat video youtube setelah halaman di scroll agar loading blog lebih cepat lagi. Sahabat bisa melihat contoh penerapannya pada video dibawah ini.


Sekian pembahasan kenapa saya berganti template atau tampilan dari situs ini. Jika sahabat kurang puas dengan tampilan situs saya yang sekarang, silakan sahabat memberi komentar pada kotak komentar yang telah disediakan dibawah.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Kembali ke atas

Ayo bagikan artikel ini biar temanmu juga tahu!