Membuat Soal Ujian Di Google Form Dengan Batas Waktu

Membuat Soal Ujian Di Google Form Dengan Batas Waktu - Dalam mengadakan evaluasi pembelajaran salah satu caranya bisa dengan menggunakan Google Form

Membuat Soal Ujian Di Google Form Dengan Batas Waktu - Dalam mengadakan evaluasi pembelajaran salah satu caranya bisa dengan menggunakan Google Form, banyak kemudahan yang ditawarkan Google Form seperti kita tidak usah membangun server sendiri untuk ujian, mudah dalam mengatur tata letak soal, desain bentuk form dan lain-lain. Akan tetapi ada juga kelemahan Google Form seperti masih sulitnya import soal beserta kunci jawaban, mengatur waktu serta hak akses siapa saja yang bisa mengerjakan soal tersebut.

Sebelum lanjut ke langkah-langkah bagaimana membuat soal ujian dengan batasan waktu pada Google Form, bagi sahabat yang tertarik untuk membuat server sendiri untuk ujian bisa membaca artikel berikut :

Baca : Download VHD dan Source Code FlyExam Terbaru 2020

Membuat Soal Ujian di Google Form

Pada pembahasan sebelumnya admin telah membagikan bagaimana membuat soal ujian dengan menggunakan Google Form, bagi yang belum mengetahui bagaimana cara membuat soal di Google Form silakan dibaca terlebih dahulu artikel dibawah ya.

Baca : Membuat Soal Ujian di Google Form 

Memberi Batas Waktu di Google Form

Salah satu kekurangan dalam membuat soal ujian menggunakan Google Form tentu saja adalah tidak adanya pengaturan kapan soal bisa diakses dan berapa lama durasi soal ujian yang boleh dikerjakan oleh siswa. Baik, untuk itu simak langkah-langkah bagaimana mengatur kapan soal bisa diakses serta durasi ujian yang bisa dikerjakan oleh siswa.

1. Bukalah soal ujian yang sebelumnya sahabat sudah kerjakan di Google Form.

2. Jika sudah lanjutkan dengan memilih menu titik tiga seperti gambar dibawah ini, kemudian pilihlah Add-ons.

3. Setelah itu akan muncul tampilan Google Workspace Marketplace seperti gambar dibawah ini, pada kotak pencarian ketikkan Form Timer, jika sudah ketemu silakan diinstall Add-ons Form Timer tersebut.

4. Bila sudah berhasil terinstall, lanjutkanlah cari pada ikon Add-ons kemudian pilih Form Timer. Perhatikan gambar dibawah ini.

5. Akan muncul jendela pop-up di pojok kanan bawah layar, silakan sahabat tekan tombol Enable.

6. Tekan tembali link Continue to Form Timer.

7. Maka sahabat akan diarahkan pada tab baru, silakan pilih soal yang hendak sahabat beri batasan waktu. Misalkan disini admin memilih Evaluasi Pembelajaran Daring Informatika.

8. Lanjutkan klik pada menu set up.

9. Pada menu Test Config aturlah berapa lama ujian bisa dikerjakan serta sahabat juga bisa memilih kapan soal ujian ini bisa diakses oleh siswa dengan menyeleksi tanggal mulai (Choose start date) dan tanggal berakhir (Choose end date).

10. Sahabat juga bisa mengatur latar belakang tampilan serta warna dari tulisan di Form Timer ini melalui Welcome page config.

11. Jika semuanya sudah sahabat atur maka langkah terakhir adalah tekan pada tombol test link, maka sahabat akan memperoleh link dari soal ujian tersebut.


12. Selesai, simpan link tersebut agar kita bisa kirimkan pada siswa nantinya.

Membuka Soal Ujian Yang Sudah Diatur

Setelah semua langkah diatar sahabat lakukan langkah terakhir adalah memberikan link tersebut ke siswa. Jika siswa membuka link soal ujian maka akan mucul tampilan seperti dibawah ini.

1. Siswa bisa mulai mengerjakan soal dengan terlebih dahulu login/masuk. Disini pilihan login ada dua yaitu dengan menggunakan akun Google atau menggunakan emai.

2. Setelah siswa berhasil masuk/login maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah, siswa cukup tekan pada tombol Get Started untuk mulai mengerjakan soal.

3. Siswa mulai mengerjakan soal seperti biasa. Disini bisa dilihat terdapat waktu pengerjaan soal dan terdapat alarm/peringatan satu menit sebelum durasi mengerjakan soal habis yang ditandai adanya lonceng berwarna biru.

Contoh soal google form yang sudah diberi batasan waktu dengan Form Timer dapat sahabat lihat pada link berikut :

Lihat : Contoh Soal Ujian Google Form Dengan Batasan Waktu

Demikian pembahasan bagaimana membuat soal ujian di Google Form dengan menambahkan batas waktu, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi sahabat semuanya. Jika terdapat kendala atau masih bingung dalam menerapkan tutorial diatas silakan ajukan pertanyaan melalui kotak komentar dibawah ya. 

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas