Terlengkap! Begini Cara Sharing Printer Dengan Mudah

Terlengkap! Begini Cara Sharing Printer Dengan Mudah - Mungkin masih banyak yang bingung bagaimana mensharing printer dengan mudah di Windows

Terlengkap! Begini Cara Sharing Printer Dengan Mudah - Mungkin masih banyak yang bingung bagaimana mensharing printer dengan mudah baik di Windows 7, Windows 8 maupun versi Windows yang terbaru saat ini yaitu Windows 10. Sebenarnya caranya sama saja ketika mensharing di Windows versi 7, 8 maupun 10. Nah, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi pengetahuan, bagaimana sih caranya sharing printer dengan mudah di Windows 10. Cara ini juga bisa diterapkan di Windows 7 dan Windows 8 ya sahabat 👍

Oke tanpa berlama-lama langsung saja ke tutorialnya, eits .. tp sebelum mulai pastikan dulu sahabat sudah terkoneksi ke jaringan yang sama dengan komputer lain yang akan berbagi printer ini. Kalau sudah mari kita lanjutkan.

Aktifkan network discovery

Sebelum sharing printernya melalui jaringan, baik itu lewat kabel LAN maupun Wifi pastikan terlebih dahulu network discovery pada komputer sahabat sudah aktif. Kalau belum silakan simak dahulu tutorialnya.

  • Bukalah Control Panel, sahabat bisa mengetikkannya pada fitur pencarian yang ada pada taskbar Windows 10. Lebih jelasnya coba perhatikan gambar berikut ini.

  • Langkah berikutnya silakan buka Control Panel sesuai dengan gambar diatas.

  • Kemudian lanjutkan dengan memilih menu Network and Internet. Perhatikan gambar diatas ya.
  • Setelah terbuka lanjutkan kembali dengan memilih Network and Sharing Center sesuai gambar diatas.
  • Jika sudah lanjutkan dengan memilih menu Change advanced sharing settings ya.
  • Pada tab Guest or Public seperti gambar diatas pastikan pilihan Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing sudah terpilih. 
  • Jika sudah jangan lupa untuk disimpan ya, dengan klik Save changes.

Setting sharing printer

Nah setelah network discovery aktif baru dilanjutkan dengan sharing printernya. Pada tahap ini pastikan sahabat sudah menginstall driver printer yang akan sahabat share. Biasanya setiap pembelian printer baru akan disertai dengan CD-Drivernya sehingga sahabat tidak susah payah untuk mendownloadnya lagi. Selain itu pada beberapa merk printer terbaru sudah mendukung plug and play sehingga sahabat bisa memakai printernya langsung tanpa harus mengistall drivernya terlebih dahulu.

Baik langsung saja ke langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Bukalah Control Panel kembali, kemudian cari menu Hardware and Sound.
  • Setelah terbuka lanjutkan dengan memilih menu Devices and Printers. Perhatikan gambar dibawah ini.
  • Nah.. berikutnya adalah memilih printer mana yang akan sahabat share, pada contoh ini admin contohkan dengan memilih printer EPSON L1110 Series. Sesuaikan dengan tipe printer yang sahabat punya ya.  

  • Klik kanan pada printer tersebut kemudian pilih Printer properties, seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas.
  • Maka akan tampil menu seperti gambar dibawah ini. Lanjutkan dengan memilih menu Sharing dan sesuaikan dengan gambar berikut ya.

  • Terakhir klik OK dan printer sahabat sudah berhasil dishare.

Menemukan printer dari komputer lain

Setelah sahabat mengikuti langkah-langkah diatas maka langkah terakhir adalah menemukan dan menginstall printer yang sudah dishare tadi dari komputer lain yang berada pada jaringan yang sama. Untuk langkah-langkahnya sangatlah mudah, simaklah dengan seksama.

  • Bukalah File Explorer kemudian lanjutkan dengan memilih menu Networks. Perhatikan gambar dibawah ini supaya lebih jelas.

  • Setelah dibuka tunggulah sejenak agar semua komputer yang terhubung pada jaringan yang sama berhasil terdeteksi. Setelah itu, pilihlah nama komputer yang sahabat gunakan tadi untuk sharing printernya atau dengan kata lain komputer yang terpasang printernya.

  • Disini nama komputer yang admin pakai adalah SUSENA30, disesuaikan dengan nama komputer sahabat ya. Selanjutnya silakan dibuka maka sahabat akan menemukan printer yang sahabat share tadi.

  • Klik dua kali untuk menginstallnya, tunggu sebentar dan begitu selesai sahabat sudah bisa berbagi dalam menggunakan printer tersebut. 
  • Gunakan cara yang sama untuk menemukan dan memasang printer dari komputer lainnya.

Selesai, itu tadi bagaimana cara sharing printer dengan mudah di Windows 10 yang juga bisa diterapkan pada versi Windows sebelumnya baik Windows 7 maupun Windows 8. Demikian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi sahabat semuanya. 

Jika masih bingung atau ada kendala jangan sungkan untuk menulis komentar pada kolom komentar dibawah ya 😊

Rekomendasi artikel untuk anda :

Kembali ke atas

Ayo bagikan artikel ini biar temanmu juga tahu!