Cara Membuka dan Membalas Email dengan Telegram

Cara Membuka dan Membalas Email dengan Telegram - Tidak bisa dipungkiri lagi jika email masih merupakan media pengirim pesan paling banyak digunakan

Cara Membuka dan Membalas Email dengan Telegram - Tidak bisa dipungkiri lagi jika email masih merupakan media pengirim pesan paling banyak digunakan pada ponsel pintar. Google Mail atau yang disingkat Gmail merupakan layanan surat elektronik yang disediakan oleh perusahaan teknologi besar bernama Google. 

Seperti dikutip dari wikipedia, layanan Gmail sendiri diluncurkan mulai tanggal 1 April 2004, dengan demikian hingga saat ini sudah 16 tahun sejak layanan pesan elektronik tersebut diluncurkan. 

Membuka dan Membalas Email dengan Telegram

Pada umumnya layanan pesan elektronik seperti Gmail dibuka melalui web browser atau aplikasi pihak ketiga di desktop maupun smartphone. Tapi kali ini ada yang unik, ya ternyata kita bisa mengakses Gmail melalui aplikasi Telegram.

Baca juga : Tahun 2021 Telegram Tidak Gratis Lagi

Gmail Bot di Telegram

Aplikasi Telegram memang terkenal karena berbagai fitur uniknya, salah satunya adalah layanan bot-nya. Nah, bot yang akan kita akan gunakan sekarang untuk mengakses layanan pesan elektronik milik google itu bernama Gmail Bot.

Jadi dengan Gmail Bot sahabat bisa menghubungkan aplikasi Telegram dengan layanan Gmail milik Google, baik itu membaca pesan elektronik yang masuk, membalasan e-mail,  menghapus e-mail bahkan meneruskan (forward) ke akun gmail orang lain.

Cara akses Gmail dengan Telegram

Berikut admin jelaskan langkah-langkah bagaimana mengakses gmail dengan menggunakan telegram.

1. Silakan kalian buka aplikasi telegramnya terlebih dahulu, kemudian pada pencarian (searching box) silakan anda ketik saja Gmail Box. Oh iya yang ada centang birunya ya.

Membuka dan Membalas Email dengan Telegram

2. Silakan dipilih saja layanan Gmail Bot tersebut, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol start untuk mulai menggunakan layanan ini. Lalu sahabat tekan lagi Authorize me untuk menghubungkan dengan akun Gmail kalian. Klik Open pada kotak pemberitahuan akses yang muncul untuk membuka dan memilih akun Gmail yang mana yang akan kalian buka pada aplikasi Telegram.

3. Langkah selanjutnya adalah silakan pilih akun mana yang hendak sahabat buka ditelegram. Nah, jika akun gmail kalian sudah pernah didaftarkan pada perangkat smartphone-nya biasanya akan langsung terlihat dan kalian bisa langsung pilih salah satunya. Tapi jika kalian ingin menggunakan akun lain untuk dibuka di telegram silakan gunakan pilihan Gunakan akun yang lain.

4. Berikan hak akses Gmail Bot dengan menekan tombol Allow atau Ijinkan.

5. Jika sudah silakan buka kembali telegramnya dan tekan lagi tombol start yang ada pada layanan Gmail Bot. Maka secara otomatis pesan baru akan muncul di chat telegram layaknya berbalas pesan biasa.

Untuk mengeceknya sahabat bisa coba menuliskan pesan elektronik kemudian cobalah kirim ke akun gmail yang sudah ditautkan dengan aplikasi telegram tadi. Bagaimana mudah bukan? kini sahabat bisa membuka, membalas, meneruskan serta menghapus e-mail yang masuk hanya dengan menggunakan aplikasi telegram.

Oh iya, untuk merespon email yang masuk tersebut sahabat tinggal tekan saja pada pilihan Action

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara membuka dan membalas email yang masuk dengan menggunakan telegram. Jika pembahasan kali ini menarik silakan share juga ya biar teman kalian yang lain juga tahu.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas