Tahun 2021 Telegram Tidak Gratis Lagi

Tahun 2021 Telegram Tidak Gratis Lagi - Pendiri dan CEO Telegram, Pavel Durov melalui cuitannya di twitter mengumumkan bahwa mulai tahun 2121 Telegram

Tahun 2021 Telegram Tidak Gratis Lagi - Pendiri dan CEO Telegram, Pavel Durov melalui cuitannya di channel telegramnya mengumumkan bahwa mulai tahun 2021 Telegram tidak akan digratiskan lagi. Layanan perpesanan ini akan melalukan monetisasi terhadap aplikasinya. Menurutnya, layanan Telegram setidaknya membutukan ratusan dollar pertahun agar tetap membarikan layanannya dengan baik.

Sejarah telegram

Aplikasi Telegram diprakarsai oleh dua bersaudara, Nikolai dan Pavel Durov. Keduanya saling berbagi tugas, Nikolai Durov fokus pada pengembangan aplikasi dengan menciptakan protokol MTProto yang menjadi motor bagi Telegram. Sementara Pavel Durov bertanggung jawab dalam hal pendanaan dan infrastruktur melalui pendanaan Digital Fortress.

Setelah digodok dengan matang, Telegram memulai debutnya pada 14 Agustus 2013 ke perangkat iOS. Kemudian ke Android pada tanggal 20 Oktober 2013.

Pengguna aktif Telegram saat ini mencapai 500 juta pengguna. Jumlah tersebut masih terpaut jauh dengan aplikasi perpesanan WhatsApp yang telah memiliki 2 miliar lebih pengguna aktif di usianya yang telah mencapai 10 tahun.

Baca juga : Tahun Depan Smartphone Ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp

Tahun depan tidak gratis

Seperti dikutip dari cuitan twitter Marc-Andre Argentino yang juga mencantumkan screenshot kebenaran berita ini. Dari cuitan tersebut kita juga mengetahui bahwa mungkin saja Telegram akan menayangkan iklan pada beberapa layanannya. Tetapi dengan tegas juga Pavel Durov mengatakan bahwasanya ia tidak akan menjual Telegram seperti layaknya WhatsApp yang diakuisisi oleh Facebook.

Meski  akan menjadi layanan berbayar, Pavel juga menegaskan jika fitur layanan gratis yang sudah ada selama ini di Telegram tetap akan digratiskan.

Bagaimana menurut sahabat? setujukah Telegram di monetisasi? Silakan beri pendapatnya pada kolom komentar ya.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Kembali ke atas

Ayo bagikan artikel ini biar temanmu juga tahu!