Mengenang Internet Jaman Dulu dan Perbandingannya Dengan Sekarang

Mengenang Internet Jaman Dulu dan Perbandingannya Dengan Sekarang - Internet adalah salah satu penemuan paling penting dalam sejarah peradaban manusia

Mengenang Internet Jaman Dulu dan Perbandingannya Dengan Sekarang - Internet adalah salah satu penemuan paling penting dalam sejarah peradaban manusia. Karena adanya internet, informasi dan komunikasi menjadi sangat cepat serta berujung pada kemajuan sehingga segala informasi bisa diakses pada perangkat bergerak seperti ponsel atau smartphone.

Namun kemunculan internet tidak langsung seperti sekarang yang kecepatannya tinggi dan bisa diakses dengan harga yang relatif murah. Dulu ketika awal kemunculannya internet hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu seperti yang mempunyai PC beserta dengan langganan koneksi internet yang mahal dan juga orang yang hobi ke warnet. Di era 90an hingga awal tahun 2000an adalah periode di mana internet mulai masuk ke Indonesia. Lalu, apa sajakah yang terjadi dan bagaimana rasanya internet di jaman dulu? 

Berikut ini adalah pembahasannya.

Yahoo! Masih Berjaya

Raja teknologi saat ini bisa dibilang adalah Google namun di masa lalu Google bukanlah penguasa internet. Google berdiri pada tahun 1998 dan itupun tidak langsung sukses sebagai mesin pencari dan juga belum ada Gmail. Lalu apa mesin pencari yang saat itu terkenal? Jawabannya adalah Yahoo!. Layanan Yahoo! Yang paling banyak digunakan dan terkenal di jaman dulu adalah layanan email, messenger, dan juga mesin pencari. Dulu punya email Yahoo! Saja merasa sudah paling keren. Selain Yahoo! Mesin pencari jaman dulu juga ada Netscape Navigator.

Browser Internet Explorer

Internet Explorer (IE) atau yang sekarang berubah menjadi Microsoft Edge sempat menjadi bahan ejekan dalam bentuk meme karena kecepatannya yang terkenal lambat jika dibandingkan dengan browser yang lain. Namun di era awal internet saat Firefox dan Chrome belum ada yang setia menemani penikmat internet dalam berselancar adalah IE. Browser ini seperti diketahui sudah tersemat sebagai software bawaan sistem operasi Windows. Jangan samakan fitur browsing jaman dulu dan sekarang. Dulu untuk membuka satu halaman website saja merupakan suatu kemewahan dan tampilan situs jaman dulu terlihat primitif jika dibandingkan dengan sekarang. 

Medsos Belum Seperti Sekarang

Sekarang media sosial sudah sangat ramai dan nyaris semua orang menggunakannya. Jenis medsos pun bermacam-macam mulai dari Facebook hingga Instagram. Sementara media sosial jaman dulu ketika era awal internet masih terbatas dan hanya sebagian orang yang bisa mengaksesnya. Paling cuma MiRC, Yahoo! Messenger dan yang paling fenomenal adalah Friendster. Fiturnya pun masih terbatas. Jangan harap ada fitur story untuk bisa pamer. Selain itu para pengguna medsos jaman dulu juga kebanyakan dari kalangan menengah ke atas.

TelkomNet Instan 080989999

Kalau sahabat membaca nomor di atas dengan nada bernyanyi berarti sahabat pernah melihat iklannya di tv. Dulu belum ada internet indihome seperti sekarang maupun koneksi internet seluler yang lancar jaya. Yang ada adalah Telkom Net instan yang penggunaannya harus melepaskan koneksi telepon terlebih dahulu dan melakukan dial up agar bisa terhubung ke internet. Harganya? Mahal banget bro dan itupun kecepatannya bagaikan siput yang membawa rumah gedung yang terbuat dari besi. Untuk bisa membuka sebuah situs saja lama banget. Kalau sekarang streaming video HD di Youtube saja bisa lancar jaya.

Era Warnet

Memasuki akhir 2000an internet perlahan mulai merata namun tetap tidak segencar sekarang. Internet mulai digunakan oleh masyarakat umum melalui yang namanya Warung Internet (Warnet) dengan tarif yang mulai menjadi lumayan murah. Dari sinilah banyak orang yang tertarik dengan media sosial dan mulai keranjingan Facebook yang saat itu baru berdiri. Orang-orang yang mengakses internet saat itu adalah mereka yang rajin ke Warnet dan masyarakat awam masih banyak yang belum tahu internet. Orang-orang bisa menghabiskan berjam-jam di Warnet bahkan sampai bermalam.

Internet di Hape Mahal

Sebenarnya internetan dan mengakses media sosial di hape juga bisa dilakukan sejak lama bahkan sebelum Android ditemukan. Namun tarif GPRS dirasakan sangat mahal dan itupun fiturnya masih primitif. Internetan di hape paling hanya mengakses situs gratisan seperti Waptrick. Oh iya, tarif termurah GPRS saat itu adalah Rp.1/KB. Jadi kalau kita habis 1GB berarti satu juta rupiah. Memang sih, kala itu kecepatannya juga keong jadi enggak mungkin juga download sampai 1GB.

Nah, itu dia sekilas mengenang internet jaman dulu dan perbandingannya dengan sekarang. Mungkin ada yang mau menambahkan? silakan tulis di kolom komentar dibawah ya.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Kembali ke atas

Ayo bagikan artikel ini biar temanmu juga tahu!