2 Cara Mengatur Alokasi CPU (Prosesor) untuk Performa Terbaik di Windows 10

2 Cara Mengatur Alokasi CPU (Prosesor) untuk Performa Terbaik di Windows 10 - Windows mengelola sumber daya prosesor anda secara otomatis, dan dapat mengalokasikan tugas di antara prosesor atau mengelola banyak proses pada satu prosesor. Secara default, Windows menyesuaikan kinerja prosesor untuk layanan program di atas layanan latar belakang atau background services.

Untuk mengoptimalkan alokasi prosesor sesuai dengan kebutuhan, anda dapat mengatur jadwal prosesor (processor scheduling), dengan memilih apakah sumber daya prosesor digunakan untuk program ataukah untuk servis latar belakang (background services).

Pada tutorial kali ini akan membahas bagaimana mengatur alokasi prosesor di Windows 10 guna mendapatkan performa terbaik untuk program atau background services yang sedang berjalan.

Baca juga : 8 Cara Menghidupkan dan Mematikan Windows Update di Windows 10

Anda harus login/masuk sebagai Administrator untuk mengatur alokasi CPU di Windows 10. Jika anda tidak yakin yang mana hendak anda alokasikan lebih baik tetapkan pengaturan ke alokasi program.

Cara 1 - Alokasi Melalui Performance Options

1. Bukalah Control Panel kemudian pilih pada menu System atau melalui file explorer dengan cara klik kanan This PC kemudian pilih Propertoies.

2. Setelah terbuka jendela System lanjutkan dengan memilih Advanced system settings.

3. Pada tab Advanced (nomor 1) silakan klik pada tombol Settings... (nomor 2). Perhatikan gambar diatas supaya lebih jelas.

4. Kemudian akan muncul jendela Performance Options, pilih pada tab Advanced (nomor 1) lalu anda dapat menyesuaikan alokasi prosesor apakah akan digunakan untuk Program ataukah untuk Background services (nomor 2).

5. Jika sudah selesai tekan tombol OK. Anda bisa mengubah kembali setelan alokasi prosesor ini jika dirasa kurang cocok.

Cara 2 - Alokasi dengan Menggunakan File .reg

1. Lakukan langkah ke 2, 3 atau ke-4, sesuai dengan yang anda perlukan.

2. Pengaturan alokasi default oleh Windows 10. Gunakan langkah ini jika anda hendak membiarkan setelan alokasi prosesor sesuai bawaan Windows 10. 

Download

3. Pengaturan alokasi untuk Program. Gunakan file .reg berikut untuk mengatur alokasi prosesor guna memprioritaskan Program.

Download

4. Pengaturan alokasi untuk Background Services. Gunakan file .reg berikut untuk mengatur alokasi prosesor guna memprioritaskan layanan latar belakang.

Download

5. Unduh file .reg diatas sesuai kebutuhan anda kemudian jalankan/buka, jika ada jendela UAC muncul klik saja Yes kemudian OK sekali lagi untuk mengaplikasikan setelan ke registry.

6. Ketika selesai Restart lah komputer/PC kalian.

Demikian pembahasan cara mengatur alokasi prosesor untuk mendapatkan performa terbaik di Windows 10. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rekomendasi bacaan untuk anda :

Ayo bagikan artikel ini biar temanmu juga tahu!