Kenapa Foto dan Video dari Whatsapp Tidak Ada di Galeri Xiaomi

Foto dan Video dari Whatsapp Tidak Ada di Galeri Xiaomi - Pada beberapa ponsel, foto & video yang dikirim dari Whatsapp terkadang tidak ada di galeri.

Foto dan Video dari Whatsapp Tidak Ada di Galeri Xiaomi - Pada beberapa ponsel, foto & video yang dikirim dari Whatsapp terkadang tidak ada di galeri. Hal ini disebabkan oleh beberapa penyebab yang mesti anda ketahui.

Untuk mengatasi file foto maupun video yang tidak muncul di galeri ponsel android disini admin akan memberikan penjelasan serta langkah-langkah bagaimana mengatasi masalah ini.

Kenapa Foto dan Video dari Whatsapp Tidak Ada di Galeri
Foto dan Video dari Whatsapp Tidak Ada di Galeri

Baca juga: Cara Merekam Percakapan Telepon WhatsApp

Perlu anda ketahui jika foto dan video (file multimedia) yang dikirim dari Whatsapp pada umumnya masuk ke galeri setelah terunduh dan masuk ke direktori folder Whatsapp Media. File multimedia ini tidak akan hilang selama pengguna ponsel tidak menghapusnya.

Aplikasi perpesanan seperti Whatsapp memang memberikan kebebasan untuk penggunanya dalam mengirim foto dan video. Hal ini menjadikan Whatsapp aplikasi yang interaktif. 

File multimedia seperti foto, gambar ataupun video di Whatsapp bisa dikirim melalui dua cara yakni dengan fitur send foto langsung atau melalui dokumen.  Tidak hanya file multimedia, Whatsapp juga bisa mengirim berbagai jenis file dengan format lain seperti dokumen.

Untuk file berupa video, Whatsapp memang membatasinya jika dinilai terlalu panjang atau besar ukurannya. Untuk foto memang yang dikirim pengguna masih terbilang jernih, namun apakah kamu tahu bahwa file foto/gambar yang dikirim melalui WA secara langsung tanpa melalui dokumen tersebut sebenarnya sudah dikompresi?.

Untuk ngakali hal tersebut biasanya pengguna mengirimkannya melalui dokumen. Kendala lain yang sering dialami oleh pengguna yaitu foto yang dikirim dari Whatsapp tidak ada di galeri. Pastinya masalah ini akan cukup membingungkan bagi yang baru atau awam menggunakan Whatsapp. Lantas bagaimana solusinya? silahkan simak berikut.

Kenapa Foto dan Video dari Whatsapp Tidak Ada di Galeri Xiaomi

Berikut ada beberapa solusi yang admin berikan jika file foto dan video dari Whatsapp tidak bisa tersimpan otomatis di galeri.

Salah Pengaturan

Pada bagian setting atau setelan mungkin saja ada perubahan yang tidak sengaja anda lakukan. Untuk itu silakan lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Whatsapp
  2. Masuk ke bagian setting atau setelan
  3. Pilih Opsi Chat
  4. Centang pada bagian Tampilkan Media
  5. Silakan dicoba menerima foto/gambar dan cek galeri apakah sudah ada atau belum.

Pengaturan Grup Chat

Jika foto maupun video yang dikirim ke grup juga tidak ada di galeri, bisa jadi setelan grup chat juga belum diatur untuk tampilkan media. Untuk mengatasi hal tersebut silakan lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Whatsapp
  2. Buka salah satu grup Whatsapp yang bermasalah karena foto maupun video tidak tampil
  3. Tekan/klik pada nama grup
  4. Pilih tampilkan media
  5. Pilih opsi default.

Memori Penyimpanan Penuh

Hal ini mungkin terkesan sering dilupakan, padahal ponselmu sudah meminta untuk melegakan ruang penyimpanan. Sehingga dampaknya tentu saja file seperti foto dan video yang dikirim dari Whatsapp tidak ada di galeri.

Solusinya anda bisa menghapus beberapa file atau aplikasi yang dirasa tidak penting agar ruang penyimpanan internal lebih lega.

File Multimedia Masuk ke Folder Private

Penyebab lain kenapa foto dan video dari Whatsapp tidak muncul di Galeri, bisa jadi dikarenakan file multimedia tersebut masuk ke folder media WhatsApp Images di dalam folder Sent atau Private. Silahkan cek, dan apabila benar silahkan pindahkan foto ke folder WhatsApp Images saja.

Baca juga: Membuat Tulisan Tebal, Miring, Dicoret dan Berwarna di WhatsApp

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas