Cara Merekam Percakapan Telepon WhatsApp

Cara Merekam Percakapan Telepon WhatsApp - Tahukah sahabat jika WhatsApp tidak memiliki fitur merekam panggilan?

Cara Merekam Percakapan Telepon WhatsApp - Tahukah sahabat jika WhatsApp tidak memiliki fitur merekam panggilan? WhatsApp sendiri merupakan aplikasi mengirim pesan yang dibekali oleh segudang fitur, seperti mengirim chat dengan enkripsi, panggilan suara, panggilan video, mengirim gambar dan video serta yang lainnya.

WhatsApp menjadi aplikasi chat paling populer saat ini. Aplikasi ini kabarnya digunakan oleh 1,5 miliar pengguna diseluruh dunia. Bahkan menurut laporan Sensor Tower, WhatsApp menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di Play Store dan App Store selama 2019.

Baca juga : Smartphone ini Tahun Depan Tidak Bisa Pakai WhatsApp

Sejarah WhatsApp

Sebelum lebih jauh membahas bagaimana merekam percakapan suara di WhatsApp, ada baiknya sahabat juga tahu bagaimana awal mula aplikasi ini ada. WhatsApp awalnya didirikan oleh dua mantan karyawan Yahoo!, Brian Acton dan Jan Koum. Aplikasi ini kemudian diluncurkan pertama kali pada bulan November 2009. Pada awal kehadirannya, WhatsApp hanya eksklusif hadir di App Store.

Hingga selang beberapa tahun kehadiran WhatsApp semakin dicintai pengguna. Bahkan pada 2013, WhatsApp mengklaim memiliki 400 juta pengguna aktif. Pada 19 Februari 2014, Facebook, Inc. mengakuisisi WhatsApp sebesar USD19 miliar. Ini merupakan salah satu akuisisi terbesar hingga saat ini.

Baca juga : Membuat Tulisan Tebal, Miring, Dicoret dan Berwarna di WhatsApp

Cara Merekam Percakapan Suara di WhatsApp

Di Android

Untuk merekam percakapan telepon di WhatsApp tidaklah begitu sulit, namun disini kalian perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang bisa kalian gunakan misalnya Cube Call Recorder yang terdapat pada Play Store. Cara penggunaan aplikasi ini pun cukup mudah. 

  1. Downloadlah aplikasi Call Recorder - Cube ACR dari Google Play Store.
  2. Setelah sukses diunduh, buka aplikasi Cube Call Recorder, dan ikuti instruksi pada layar untuk mengatur aplikasi. Beri izin aplikasi untuk mengakses daftar kontak, storage, dan lainnya. 
  3. Selanjutnya untuk memulai merekam, ketuk ikon mikrofon yang terletak di sudut kanan bawah layar Android kamu. 
  4. Sekarang, lakukan panggilan apa pun yang kamu buat di WhatsApp akan direkam oleh aplikasi ini. 
  5. Untuk berhenti merekam panggilan, cukup ketuk ikon mikrofon lagi. Hasil rekaman akan otomatis tersimpan di ponsel.

Bagaimana. cukup mudah bukan?

Di iPhone

Untuk merekam percakapan suara WhatsApp di iPhone nampaknya sangat sulit dilakukan. Hal ini dikarenakan sistem keamanan dan fitur di iPhone yang begitu dijaga dengan ketat. Terlebih lagi aplikasi pihak ketiga yang dilarang menggunakan akses mikrofon bersamaan dengan aplikasi lain yang sedang berjalan.

Hal ini sudah cukup menerangkan kalau aplikasi perekam suara yang secara default sudah ada di iPhone juga tidak bisa merekam suara panggilan secara bersamaan. 

Cara yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan menggunakan perangkat smartphone berbeda, sehingga suara panggilan dari aplikasi WhatsApp bisa direkam. Jangan lupa, perangkat kedua diletakkan berdekatan dengan perangkat pertama ya.

Selamat mencoba.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas