Kisi-Kisi dan Latihan Soal SKB Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa

Kisi-Kisi dan Latihan Soal SKB Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa - Berikut adalah kisi-kisi formasi SKB Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa.

Kisi-Kisi dan Latihan Soal SKB Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa - Berikut adalah kisi-kisi formasi SKB Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa. Setelah dinyatakan lolos pada tahap SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) maka tahapan berikutnya adalah mengikuti seleksi SKB (Seleksi Kompetensi Bidang).

Soal Pengadaan Barang dan Jasa
SKB Pengadaan Barang dan Jasa

Baca juga: Latihan Soal dan Modul CPNS

Pada seleksi kompetensi bidang ini tentu materi serta soal-soalnya menyesuaikan dengan formasi yang dilamar. Pada artikel ini admin khusus membahas mengenai kisi-kisi serta latihan soal Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa saja.

Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa

Berdasarkan Permenpan RB Nomor 29 Tahun 2020 tentang Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa:

  • Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa yang selanjutnya disingkat Jabatan Fungsional PPBJ adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak untuk melakukan kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Pejabat Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa yang selanjutnya disebut Pengelola PBJ adalah PNS yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh Pejabat yang Berwenang untuk melaksanakan kegiatan pengadaan barang/jasa.
  • Kelompok Kerja Pemilihan yang selanjutnya disebut Pokja Pemilihan adalah sumber daya manusia yang ditetapkan oleh pimpinan unit kerja pengadaan barang/jasa untuk mengelola pemilihan penyedia.
  • Pejabat Pengadaan adalah pejabat administrasi/pejabat fungsional/personel yang bertugas melaksanakan pengadaan langsung, penunjukan langsung, dan/atau epurchasing. 
  • Pejabat Pembuat Komitmen yang selanjutnya disingkat PPK adalah pejabat yang diberi kewenangan oleh pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran untuk mengambil keputusan dan/atau melakukan tindakan yang dapat mengakibatkan pengeluaran anggaran belanja negara/anggaran belanja daerah.
  • Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan yang selanjutnya disingkat PjPHP adalah pejabat administrasi/pejabat fungsional/personel yang bertugas memeriksa administrasi hasil pekerjaan Pengadaan Barang/Jasa.
  • Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan yang selanjutnya disingkat PPHP adalah tim yang bertugas memeriksa administrasi hasil pekerjaan Pengadaan Barang/Jasa.
  • Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha yang selanjutnya disingkat KPBU adalah kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur untuk kepentingan umum dengan mengacu pada spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya oleh menteri/kepala lembaga/kepala daerah/badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah, yang sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber daya badan usaha dengan memperhatikan pembagian risiko diantara para pihak.
  • Tim KPBU adalah tim yang dibentuk penanggung jawab proyek kerja sama untuk membantu pengelolaan KPBU pada tahap penyiapan dan tahap transaksi KPBU.
  • Panitia Pengadaan adalah tim yang dibentuk penanggung jawab proyek kerja sama yang memiliki peran dan tanggung jawab untuk mempersiapkan dan melaksanakan proses pengadaan badan usaha pelaksana, membantu persiapan penandatanganan perjanjian KPBU, dan persiapan pemenuhan pembiayaan.
  • Sertifikat Keahlian Tingkat Dasar di bidang Pengadaan Barang/Jasa yang selanjutnya disebut Sertifikat Dasar adalah tanda bukti atau dokumen yang diterbitkan oleh LKPP yang menunjukkan bahwa seorang telah memahami peraturan perundang-undangan di bidang pengadaan barang/jasa.
  • Pengelola PBJ berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang pengadaan barang/jasa pada Instansi Pemerintah.
  • Jabatan Fungsional PPBJ merupakan jabatan fungsional kategori keahlian.
  • Jenjang jabatan Jabatan Fungsional PPBJ dari jenjang terendah sampai dengan jenjang tertinggi, yaitu: 

  1. Pengelola PBJ Ahli Pertama; 
  2. Pengelola PBJ Ahli Muda; dan 
  3. Pengelola PBJ Ahli Madya.

  • Tugas Jabatan Fungsional PPBJ yaitu melaksanakan kegiatan perencanaan pengadaan barang/jasa pemerintah, pemilihan penyedia barang/jasa pemerintah, pengelolaan kontrak pengadaan barang/jasa pemerintah, dan pengelolaan pengadaan barang/jasa pemerintah secara swakelola.

Kisi-kisi Materi SKB CPNS Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa

Berikut adalah kisi-kisi skb cpns / materi skb (seleksi kompetensi bidang) cpns pppk jabatan Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama:

  1. Tujuan, prinsip etika kebijakan, pelaku, kelembagaan, dan SDM pengadaan barang/jasa pemerintah
  2. Identifikasi kebutuhan dan penetapan barang/jasa spesifikasi teknis/kerangka acuan kerja, perkiraan harga, strategi pengadaan dan organisasi pengadaan barang/jasa pemerintah
  3. Reviu terhadap dokumen persiapan tahapan pemilihan penyedia, penyusunan daftar penyedia, dan negosiasi pengadaan barang/jasa pemerintah
  4. Persiapan dan pelaksanaan pengendalian kontrak pengadaan barang/jasa pemenan
  5. Perencanaan. pelaksanaan. dan pengawasan pengadaan barang jasa pemerintah secara swakelola

Referensi Bahan Belajar SKB Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa

Untuk bahan referensi dalam persiapan mengikuti tes tersebut dapat mengakses materi-materi berikut:

Bagi anda yang baru pertama kali mengunjungi situs ini silakan dibaca terlebih dahulu bagaimana melewati safelink dan cara downloadnya : baca cara download.

  1. Ketentuan Umum
  2. Materi 2 - Tujuan,  Kebijakan, Prinsip, dan Etika PBJ
  3. Materi 3 - Pelaku PBJ
  4. Materi 4 - PBJ secara Elektronik, SDM dan Kelembagaan, Pengawasan, Pengaduan, Sanksi, dan Pelayanan Hukum
  5. Materi 5 - Perencanaan Pengadaan
  6. Materi 6 - Persiapan PBJ
  7. Materi 7 - Pelaksanaan PBJ melalui Swakelola
  8. Materi 8 - Pelaksanaan PBJ melalui Penyedia
  9. Materi 9 - Pengadaan Khusus

Untuk menguji kemampuan anda silakan dikerjakan soal-soal dalam bentuk google form berikut.

Soal SKB Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa

Latihan PBJ Tingkat Dasar Bank Soal 1 :

Anda akan memperoleh jawaban dan soal setelah menyelesaikan bank soal diatas dengan menggunakan alamat email anda, selamat berlatih !

Demikian pembahasan kisi-kisi serta latihan soal SKB Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa, semoga apa yang admin bagikan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi anda.

Baca juga: Download Kumpulan Soal P3K (Semua Formasi) dan Jawabannya

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas