Format Laporan Karya Inovatif Teknologi Tepat Guna Terbaru

Format Laporan Karya Inovatif Teknologi Tepat Guna Terbaru - Artikel kali ini admin akan membahas format laporan karya inovatif teknologi tepat guna.

Format Laporan Karya Inovatif Teknologi Tepat Guna Terbaru - Artikel kali ini admin akan membahas format laporan karya inovatif teknologi tepat guna. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa karya inovatif guru Teknologi Tepat Guna (TTG) adalah bagian dari komponen Penilaian Kredit (PAK) Guru.

Itu berarti karya inovatif merupakan salah satu komponen Penilaian Angka Kredit pada unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Unsur Utama). Sebenarnya apa itu karya inovatif teknologi tepat guna? bagaimana bentuk dan kategorinya? serta berapa angka kreditnya? akan admin bahas dibawah ini.

Format Laporan Karya Inovatif Teknologi Tepat Guna Terbaru

Baca juga: Download Contoh Program Kerja Laboratorium Biologi SMA

Pengertian karya inovatif

Karya inovatif merupaka karya hasil pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang bermanfaat bagi pendidikan dan/atau masyarakat. Karya inovatif menjadi salah satu komponen Penilaian Angka Kredit pada unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Unsur Utama).

Berdasarkan Ketentuan Pasal 17, PermenPANRB Nomor 16 Tahun 2009, jumlah minimum angka kredit untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat/jabatan guru dari unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan subunsur publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif golongan mulai IIId ke atas, ketentuannya adalah sebagai berikut.

  1. Jumlah publikasi yang berbentuk diktat, karya terjemahan, atau tulisan ilmiah populer paling banyak 3 (tiga) buah, buku pedoman guru dibuat paling banyak 1 (satu) buah.
  2. Penulisan laporan penelitian maksimal 2 laporan per tahun.
  3. Karya Inovatif maksimal 50% dari angka kredit yang dibutuhkan.

Kegiatan karya inovatif ada yang dilakukan secara individu dan juga kelompok. Besaran angka kredit untuk kegiatan karya inovatif yang dilakukan secara bersama adalah seperti pada tabel berikut.

Format Laporan Karya Inovatif Teknologi Tepat Guna Terbaru

Jumlah minimum angka kredit untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat/jabatan guru dari unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan sub unsur publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif adalah sebagai berikut.

Format Laporan Karya Inovatif Teknologi Tepat Guna Terbaru
Format Laporan Karya Inovatif Teknologi Tepat Guna Terbaru

Bentuk-bentuk Karya Inovatif

Karya inovatif dapat berupa :

1. menemukan teknologi tepat guna;

2. menemukan atau menciptakan karya seni;

3. membuat atau memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum; dan

4. mengikuti pengembangan atau penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnya.

Kategori Karya Inovatif

Karya inovatif terdapat dua kategori, yaitu kompleks dan sederhana. Kategori kompleks dan sederhana pada Karya Teknologi Tepat Guna ditinjau dari ruang lingkup penggunaan/pemanfaatan/durasi, sedangkan alat praktikum dan alat pelajaran didasarkan atas jumlah/durasi karya yang dihasilkan.

Kategori kompleks dan sederhana pada Karya Seni ditinjau dari jumlah karya yang dihasilkan dan karya tersebut sudah dipublikasikan  (dipamerkan/dipertunjukkan/diterbitkan) minimal pada tingkat kabupaten/kota.

Teknologi Tepat Guna

Teknologi tepat guna adalah karya hasil rancangan/pengembangan/percobaan sains dan/atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya.

Jenis karya teknologi tepat guna

  • Hasil pengembangan metodologi/evaluasi pembelajaran/pembimbingan, pengembangan manajemen, atau pengembangan olah raga yang telah divideokan, sesuai bidang tugas mengajar/membimbing.
  • Hasil eksperimen sains/teknologi sesuai bidang tugas mengajar, yang bermanfaat untuk pendidikan atau masyarakat.
  • Program aplikasi komputer, yang bermanfaat untuk sekolah, pendidikan atau masyarakat, dapat dibuat oleh semua guru, tidak bergantung bidang tugas mengajar/ membimbing.
  • Alat/mesin yang bermanfaat untuk sekolah, pendidikan atau masyarakat, dapat dibuat oleh semua guru, tidak bergantung bidang tugas mengajar/membimbing.

Bukti fisik

Kegiatan yang menunjukkan guru telah menemukan karya teknologi tepat guna harus dibuktikan sebagai berikut.

  • Laporan hasil metodologi/evaluasi/ pembimbingan, pengembangan manajemen, atau pengembangan olah ragan dilengkapi video atau film hasil pengembangan dalam compact disk atau flashdisk.
  • Laporan hasil eksperimen sains/teknologi dilengkapi dengan foto saat melakukan penelitian dan bukti pendukung lainnya.
  • Laporan proses pembuatan dan penggunaan program aplikasi komputer dilengkapi dengan softcopy program aplikasi komputer hasil pengembangan dalam compact disk atau flashdisk.
  • Laporan proses pembuatan dan penggunaan alat/ mesin dilengkapi dengan video/foto karya tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu.

Semua laporan di atas harus dilengkapi dengan lembar pengesahan dari kepala sekolah.

Angka Kredit

Angka kredit karya teknologi tepat guna (karya sains/ teknologi) adalah sebagai berikut.

Format Laporan Karya Inovatif Teknologi Tepat Guna Terbaru

Kategori Kompleks

  • Satu atau beberapa karya berupa hasil pengembangan model metodologi/evaluasi pembelajaran/manajemen/ olahraga yang telah divideokan dengan durasi kumulatif minimal 60 menit.
  • Satu karya berupa hasil eksperimen sains/teknologi dimanfaatkan di masyarakat minimal di tingkat kelurahan.
  • Satu karya berupa program aplikasi komputer dan dimanfaatkan di masyarakat minimal di tingkat kelurahan.
  • Satu karya berupa alat/mesin serba guna dimanfaatkan di masyarakat minimal di tingkat kelurahan.

Kategori Sederhana

  • Satu atau beberapa karya berupa hasil pengembangan model metodologi/evaluasi pembelajaran/manajemen/ olahraga yang telah divideokan dengan durasi kumulatif minimal 30 menit.
  • Satu karya berupa hasil eksperimen sains/ teknologi dimanfaatkan di tingkat sekolah.
  • Satu karya berupa program aplikasi komputer untuk pendidikan dan dimanfaatkan di tingkat sekolah.
  • Satu karya berupa alat/mesin dimanfaatkan di tingkat sekolah

Download Format Laporan Teknologi Tepat Guna

Karya inovatif berupa Teknologi Tepat Guna yang telah diciptakan guru harus dibuat laporan atau makalah sebagai bukti fisiknya. Penyusunan laporan teknologi tepat guna perlu memperhatikan format yang ditetapkan, sehingga laporan tersebut dapat dinilaikan untuk keperluan PAK.

Di dalam membantu guru menyusun laporan karya inovatif, berikut adalah contoh format laporan Teknologi Tepat Guna (TTG). Format laporan Teknologi Tepat Guna ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk penyusunan laporan karya inovatif guru sebagai komponen penyusunan PAK.

Format Laporan Karya Inovatif Guru berupa Teknologi Tepat Guna tersebut selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh Format Karya TTG Terbaru

Demikian pembahasan kali ini mengenai contoh format laporan karya inovatif teknologi tepat guna terbaru yang bisa admin bagikan. Semoga dengan adanya contoh laporan tersebut dapat membantu rekan-rekan dalam pembuatan laporan karya inovatif.

Baca juga: Contoh Program Kerja Pengelola SIM Sekolah

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas