Pengalaman Mengikuti PembaTIK Level 3 (Kreasi TIK)

sumber : Rumah Belajar

Setelah pada artikel sebelumnya saya berbagi pengalaman tentang bagaimana mengikuti kegiatan PembaTIK Level 1 (Literasi TIK) dan PembaTIK Level 2 (Implementasi TIK). Pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagi kembali mengenai pengalaman saya selama mengikuti kegiatan PembaTIK Level 3 (Kreasi TIK). Bagi rekan-rekan yang belum membaca artikel saya sebelumnya tentang kegiatan PembaTIK Level 1 dan Level 2 bisa di klik pada tautan berikut :

Seperti biasa setelah lolos dari kegiatan Pembatik Level 2 saya lanjut ke tahap berikutnya. Pada kegiatan di Level 3 ini saya bergabung di gelombang 15.


Adapun materi /modul yang dipelajari pada kegiatan PembaTIK Level Kreasi ini antara lain :
  • Media Pembelajaran Berteknologi Digital
  • Pembuatan Media Video Pembelajaran
  • Pembuatan multimedia/ multimedia interaktif
  • Inovasi Pembelajaran yang Mengintegrasikan TIK
Nah.. untuk bisa lolos dari Level 3 ini seperti pada Level 2 sebelumnya, ada penilaian akhir berupa pilihan ganda yang harus kita jawab. Selain itu kita harus membuat sebuah Video Pembelajaran atau sebuah Media Pembelajaran Interaktif.

Disini banyak ilmu yang saya peroleh, terus terang sebelumnya belum sama sekali pernah mencoba yang namanya membuat Media Pembelajaran Interaktif. Pertama dengar singkatan MPI saya bahkan sempat googling karena memang benar-benar terdengar asing ditelinga saya. Kalau membuat Video kan sudah di Level 2 ๐Ÿ˜…, kali ini saya ingin mencoba tantangan baru dengan membuat Media Pembelajaran Interaktif.

Berbekal niat kuat dan rasa penasaran akhirnya saya membaca modul-modul yang jumlahnya lumayan itu ๐Ÿ˜‚. Pada akhirnya, saya membaca beberapa aplikasi yang bisa dipakai dalam pembuatan media pembelajaran interaktif antara lain Power Point dengan iSpring, Articulate Storyline, SmartAppsCreator, dan lain-lain.

Setelah mencoba-coba akhirnya saya menetapkan hati kepada Articulate Storyline ๐Ÿ’“. Disamping User Interfacenya mirip seperti Power Point, kelebihan lainnya adalah kita bisa menggunakan trigger dengan banyak situasi atau kondisi serta pilihan publishnya banyak seperti bentuk web dengan html 5, LMS, CD dan Word. Berikut tampilan login media pembelajaran interaktif yang telah saya buat.


Setelah selesai, saya simpan media pembelajaran interaktif tersebut di google drive (karena dari panitia minta disimpan disana) hehe ๐Ÿ˜Ž. Selain itu untuk kelancaran review dari panitia PembaTIK, saya juga menaruhnya di hosting sekolah sehingga bisa diakses dari manapun selama ada koneksi internet.

Bagi rekan-rekan yang ingin melihat Media Pembelajaran Interaktif yang telah saya buat bisa menuju pada link berikut :
Alhasil, setelah menunggu kurang lebih semingguan setelah tahap penilaian oleh panitia akhirnya saya dinyatakan lulus dan berhak melanjutkan ke Level 4 yaitu Berbagi TIK. Mantap ๐Ÿ‘Œ


Demikian pengalaman saya mengikuti kegiatan PembaTIK Level 3 (Kreasi TIK), dan ketika artikel ini saya tulis, saya pun masih mengikuti kegiatan PembaTIK Level 4 (Berbagi TIK). Semoga tulisan yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Terimakasih.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas