Pengalaman Mengikuti Kegiatan PembaTIK Level 4 (Berbagi TIK)

Tak terasa seluruh rangkaian kegiatan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang disingkat PembaTIK telah selesai dilaksanakan. Banyak pengalaman yang begitu berharga yang saya dapatkan, antara lain kegiatan berbagi untuk menyosialisasikan ke berbagai sekolah di Kabupaten Karangsem mengenai penggunaan serta fitur yang terdapat pada portal Rumah Belajar. Tak hanya secara tatap muka ke berbagai sekolah, kegiatan yang saya lakukan bersama para Sahabat Rumah Belajar Kabupaten Karangasem juga dilaksanakan secara tatap maya.

Sebelum lanjut bagi sahabat yang belum sempat membaca artikel saya sebelumnya mengenai pengalaman mengikuti kegiatan PembaTIK mulai dari Level 1 sampai Level 3 bisa membacanya melalui tautan berikut.

Oh iya.. bagi yang berminat membaca seluruh kegiatan PembaTIK yang telah saya lakukan bisa menuju link berikut.

Bagaimana jalannya kegiatan sampai ke Level 4 ?

Baik mari kita lanjutkan, pada kegiatan PembaTIK yang terakhir yaitu Level 4 (Berbagi) banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan. Bertemu dengan para Sahabat Rumah Belajar Provinsi Bali Tahun 2020 yang notabenanya merupakan 30 Peserta terbaik yang telah diseleksi merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri buat saya pribadi. 

Ini adalah keikutsertaan saya yang pertama kali dalam kegiatan PembaTIK, mencapai Level tertinggi pada kegiatan ini tentu memerlukan sebuah usaha lebih tetapi usaha tersebut terbayarkan karena berbagai ilmu serta pengalaman yang saya dapatkan. Ini bukan semata tentang "materi" atau hanya mencari sertifikat tetapi lebih kepada proses belajar serta berbagi sesama rekan tenaga pendidik di seluruh Indonesia. 

Menumbuhkan relasi sesama tenaga pendidik tentu merupakan suatu nilai tambah. Banyak guru-guru mulai dari jenjang sekolah dasar hingga menengah mengikuti kegiatan ini, tak pelak kegiatan PembaTIK ini juga merupakan ajang berbagi pengalaman serta konsep-konsep guna meningkatkan kualitas serta kuantitas media pembelajaran di Indonesia. 

Apa saja yang dipelajari pada Level 4 ?

Untuk sampai ke Level 4, sahabat tentu harus lolos pada level sebelumnya yaitu Level 3 (Kreasi TIK), lolos saja tidak cukup, sahabat juga harus masuk ke 30 besar agar bisa melanjutkan ke Level 4. Pada level ini sahabat akan belajar mengenai :

  • Penulisan Artikel Pemanfaatan Rumah Belajar
  • Strategi Berbagi
  • Komunikasi Efektif, serta
  • Pemanfaatan Konferensi Video
Sebenarnya materi atau modul ini sudah sedikit dibahas pada kegiatan Coaching PembaTIK Level 4 Provinsi Bali Tahun 2020.

Dimana saya bisa dapatkan modul PembaTIK Tahun 2020 ?

Saya telah buatkan halaman khusus jauh-jauh hari guna mengumpulkan semua modul atau materi pada kegiatan ini mulai dari level 1 sampai level 4. Bagi sahabat yang tertarik dengan materi atau modul kegiatan PembaTIK Tahun 2020 ini bisa diunduh melalui link dibawah ini.

Zip Modul PembaTIK Tahun 2020 Download

Dokumentasi Video PembaTIK Level 4


Demikian tadi sedikit rangkuman kegiatan PembaTIK Level 4 yang sudah saya laksanakan. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada Pusdatin Kemdikbud yang telah memberikan saya kesempatan bergabung menjadi Sahabat Rumah Belajar Provinsi Bali Tahun 2020.

Tetap Gunakan Selalu Portal Rumah Belajar, Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja. 

Merdeka Belajarnya Rumah Belajar Portalnya Maju Indonesia ! 

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas