Mengubah IP Address FlyExam Server

Mengubah IP Address FlyExam Server - Pada kesempatan kali ini admin akan membahas bagaimana caranya mengganti mengubah alamat IP dari FlyExam Server

Mengubah IP Address FlyExam Server - Pada kesempatan kali ini admin akan membahas bagaimana caranya mengganti atau mengubah alamat IP dari FlyExam Server. Tapi sebelum lanjut pastikan sahabat sudah mempunyai FlyExam Server baik versi virtual disk maupun source codenya ya. Adapun tujuan kita mengubah alamat IP FlyExam disini adalah agar memudahkan nanti mengakses FlyExam baik dari jaringan lokal maupun dari luar jaringan atau online.

Download FlyExam Server

Bagi sahabat yang belum memiliki FlyExam Server silakan mendownloadnya terlebih dahulu melalui tautan berikut :

Download VHD dan Source Code FlyExam 

Mengubah IP FlyExam Server

Sebelum lanjut ke pembahasan bagaimana mengganti alamat IP pada FlyExam Server pastikan sahabat sudah bisa menjalankan FlyExam di VirtualBox atau klik disini jika sahabat belum membaca tutorial bagaimana menjalankan FlyExam di VirtualBox.

Pada dasarnya mengganti alamat IP di FlyExam sama dengan mengganti alamat IP di Ubuntu 18 LTS, jadi daripada berlama-lama mari kita langsung saja bahas langkah-langkahnya.

1. Jalankan FlyExam Server di VirtualBox.
2. Login ke admin FlyExam Server dari VirtualBox. Perhatikan gambar dibawah ini, ketika diminta memasukkan user (myserver login) gunakanlah myserver dan passwordnya 0987654321.


3. Ketika sudah berhasil login ketikkan perintah sudo su dan masukkan kembali passwordnya.


4. Jika sudah lanjutkan dengan menuliskan perintah mc kemudian tekan tombol enter.


5. Maka akan muncul tampilan seperti belikut, perhatikan yang admin tandai dengan kotak merah, pastikan sahabat memilih /.. tersebut kemudian tekan enter pada keyboard.


6. Sekali lagi cari /.. kemudian tekan enter.


7. Nah disini sahabat cari /etc kemudian enter.


8. Kemudian carilah kebawah sampai sahabat menemukan /netplan kemudian enter.


9. Sampai disini kita akan menemukan sebuah script bernama 00-installer-config.yaml, silakan dipilih kemudian buka dengan menekan tombol F4 pada keyboard.


10. Silakan sahabat ganti alamat IP nya sesuai keperluan. Perhatikan gambar dibawah ini, disini admin contohkan mengubah ip default dari FlyExam dari 10.10.0.1 menjadi 192.168.1.250. Kebetulan akan admin online-kan juga sehingga harus satu segmen jaringan dengan routernya. Jadi disini admin isi gateway-nya dengan alamat 192.168.1.1. Selebihnya silakan samakan saja sesuai gambar dibawah ya.


11. Jika sudah tekan CTRL X pada keyboard, maka akan ada pemberitahuan seperti gambar berikut. Sahabat tekan saja tombol Y dan enter.


12. Selanjutnya adalah menerapkan konfigurasi tadi dengan cara ketikkan netplan apply dan tekan enter.


13. Selesai, coba sekarang sahabat buka browsernya dan ketikkan alamat IP sesuai dengan yang sahabat tulis tadi.

Demikian tadi bagaimana cara mengganti atau mengubah alamat IP dari FlyExam Server, admin harap sahabat tidak kesulitan dalam mempraktekkannya karena admin sudah berusaha sedetail mungkin, tetapi jika masih ada sahabat yang merasa bingung atau kesulitan silakan ajukan pertanyaan pada kotak komentar dibawah.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas