Menjalankan FlyExam di VirtualBox

FlyExam sendiri bisa dijalankan pada server berbasis hosting maupun server mandiri bersistem operasi Windows ataupun Linux dengan VirtualBox.

Menjalankan FlyExam di VirtualBox - FlyExam merupakan aplikasi CBT untuk ujian yang sangat powerfull didukung oleh berbagai fitur ujian serta dukungan dari pengembangnya. FlyExam sendiri bisa dijalankan pada server berbasis hosting maupun server mandiri bersistem operasi Windows ataupun Linux.

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tutorial bagaimana caranya menjalankan FlyExam di sistem operasi Windows dengan menggunakan VirtualBox. Sebenarnya bisa saja menjalankannya dengan menggunakan localhost dan xampp tapi pada artikel ini admin gunakan versi yang sudah jadi sehingga mengaturnya juga tidak terlalu susah.

Download FlyExam

Yang perlu sahabat persiapkan tentu saja aplikasi FlyExamnya, bagi yang belum punya silakan download pada tautan berikut :

Download VHD dan Source Code FlyExam Terbaru 2020

Download dan Install Virtual Box

Aplikasi selanjutnya yang sahabat perlu siapkan adalah VirtualBox, yang belum punya silakan download pada tautan berikut :

Cara Install VirtualBox di Windows 10, 8, dan 7

Menjalankan FlyExam di VirtualBox

Setelah kedua aplikasi yang dibutuhkan diatas sudah sahabat download, langkah selanjutnya adalah mengimport FlyExam ke VirtualBox. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi VirtualBox
  • Langkah kedua, klik pada menu File --> Import Appliance...
  • Langkah ketiga adalah klik pada tombol folder berwarna kuning seperti gambar dibawah.
  • Langkah keempat adalah mencari dimana letak hasil ekstrak file FlyExam yang sudah didownload sebelumnya. Perhatikan gambar dibawah ini carilah hasil ekstrak Fe-51r1-Server.ova. Jika sudah ketemu klik Open.

  • Langkah kelima akan muncul tampilan seperti gambar berikut, lanjutkan dengan klik Import.

  • Langkah berikutnya jika muncul pesan seperti gambar dibawah klik saja Agree.

  • Langkah ketujuh adalah menunggu FlyExam berhasil diimport ke VirtualBox. 

  • FlyExam Server sudah berhasil diimport dengan sempurna di VirtualBox tapi belum bisa dijalankan dahulu ya sahabat.

  • Kliklah pada Fe-5-Server kemudian lanjutkan dengan memilih menu Setting atur System --> Motherboard dan sesuaikan Base Memory dengan komputer server sahabat. Atur juga pada Processor berikan minimal processor misalkan lebih dari satu (disesuaikan dengan kemampuan server).

  • Langkah berikutnya atur pada Network--> Adapter 1, ubahlah sesuai gambar berikut. Pada isian Attached to pilih Bridged Adapter, serta pada Name pilihlah adaptor LAN yang akan dipakai. klik OK Jika sudah selesai.

  • Berikutnya adalah mengatur IP Adress V4 dari komputer server, berilah IP pada server misalkan : 10.10.0.10  Sub Net : 255.255.240.0. Kenapa diberi IP seperti itu karena IP Adress FlyExam secara default atau bawaan adalah 10.10.0.1. Yang bingung cara mengganti IP Adress silakan klik disni. Jika sudah, kembali lagi ke VirtualBox dan silakan dijalankan dengan menekan tombol Start perhatikan gambar dibawah ini.

  • Tunggulah beberapa saat hingga muncul tampilan seperti berikut.

  • Jika sudah, bukalah browser di komputer server sahabat dan bukalah alamat : http://10.10.0.1/fe5 maka FlyExam Server sudah bisa diakses.

  • Selesai, kini sahabat sudah bisa menjalankan FlyExam di VirtualBox. Untuk masuk ke menu admin FlyExam gunakan Username : admin & Passwordnya : 0987654321
Sekian artikel bagaimana menjalankan FlyExam Server pada VirtualBox sebagai server untuk ujian dan apabila masih ada kendala silakan tuliskan komentar pada kolom komentar dibawah.

Rekomendasi bacaan untuk anda :

Ayo bagikan artikel ini biar temanmu juga tahu!