Cara Import Soal Dari Word Ke Google Form

Cara Import Soal Dari Word Ke Google Form - Salah satu kekurangan Google Form adalah tidak ada pilihan untuk import soal dari Microsoft Word

Cara Import Soal Dari Word Ke Google Form - Salah satu kekurangan Google Form adalah tidak ada pilihan untuk import soal dari Microsoft Word. Tidak perlu di ragukan lagi jika Google Form masih menjadi pilihan sebagian besar tenaga pengajar untuk mempermudah melakukan penilaian atau evaluasi. Tetapi jika sahabat sudah mencoba Google Formulir ini tentu akan merasa ada yang kurang, seperti yang sudah admin katakan tadi yaitu tidak adanya pilihan untuk import pertanyaan langsung dari Microsoft Word.

Cara Import Soal Dari Word Ke Google Form

Sebenarnya bukan itu saja, ada kekurangan lain dari Google Form ini yaitu belum bisa setting durasi ujian tetapi hal itu bisa diatasi dengan menggunakan Addons Form Timer yang sudah admin bahas pada artikel berikut :

Baca : Membuat Soal Ujian di Google Form Dengan Batasan Waktu

Import Soal Dari Microsoft Word

Untuk import soal dari Microsoft Word caranya cukup mudah, sahabat hanya perlu satu Addons yang bernama Form Builder. Untuk langkah-langkahnya akan admin jelaskan sebagai berikut.

1. Buatlah satu formulir kosong pada Google Formulir dengan klik disini. Pilihlah pada Blank/Kosong.

2. Pada tanda titik tiga disebelah gambar akun google anda pilihlah pada menu Add-ons. Perhatikan gambar berikut.

3. Perhatikan langkah dengan nomor 1 dan 2 pada gambar dibawah ini. pada nomor 1 ketikkanlah "Form Builder" (tanpa tanda petik) kemudian akan muncul Addons Form Builder seperti yang ditunjukkan pada nomor 2.

4. Lanjutkan dengan memasang Addons Form Builder dengan menekan tombol Install.

5. Ikuti petunjuk pemasangan hingga selesai. Begitu prosesnya selesai sahabat bisa menggunakan Form Builder dengan mengakses ikon Addons seperti yang ditunjukkan pada nomor 1 dan 2 pada gambar dibawah ini.

6. Selanjutnya silakan tekan pada Start maka sahabat akan menemukan tampilan seperti gambar berikut di pojok kanan bawah layar.

7. Jangan tutup tab google form anda dan lanjutkan dengan membuka google drivenya. Google drive? Iya, karena sahabat akan mengunggah file Soal dari Microsoft Word. Silakan klik disini untuk langsung menuju Google Drive.

8. Jika sudah silakan unggah file soal dari microsoft wordnya. Bagi sahabat yang bingung dengan format soal dari Microsoft Word ini bisa mendownload dari link berikut :

Download Contoh Format Soal Google Form

9. Jika sudah silakan diedit format diatas sesuai dengan kebutuhan sahabat, selanjutnya silakan diunggah pada Google Drive, silakan pilih pada Upload files.

10. Jika proses upload/unggah sudah selesai silakan klik dua kali file soal yang sudah sahabat upload tadi, maka akan secara otomatis terbuka dengan Google Docs, lanjutkan dengan klik pada menu File --> Save as Google Docs. Perhatikan gambar dibawah ini supaya lebih jelas.

11. Jika sudah kembali lagi ke Google Formulir kosong yang sahabat buat tadi. Selanjutnya pada Form Builder pilihlah pada Google Docs seperti gambar berikut.

12. Akan muncul seprti gambar dibawah ini kemudian pilihlah soal yang sahabat upload tadi.

13. Jika sudah lihat pada Form Builder, turunkan sedikit/scroll kebawah maka sahabat akan menemukan pilihan soal yang siap diimport. Sahabat cukup menceklist soal mana saja yang hendak akan diimport. Jika sudah tekan tombol Import Selected.

14. Maka soal dari Microsoft Word sudah masuk ke Google Formulir. Langkah terakhir silakan rapikan dan beri kunci jawabannya. Untuk membuat kunci jawaban pada Google Form sudah pernah admin bahas pada artikel Membuat Soal Online di Google Form.

Selesai.

Demikian tadi pembahasan secara detail bagaimana memasukkan atau import soal dari Microsoft Word. Jika ada yang kurang jelas silakan tanyakan langsung dengan menuliskan pada kotak komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

Video Tutorial

sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=yZ7GGjpDqk8

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas