Internet Kuantum, Internet untuk Masa Depan?

Internet Kuantum, Internet untuk Masa Depan? - Apa itu internet kuantum? Belum sepenuhnya negara kita menikmati hak akses internet

Internet Kuantum, Internet untuk Masa Depan? - Apa itu internet kuantum? Belum sepenuhnya negara kita menikmati pemerataan hak akses internet, terutama pada daerah 3T. Internet dengan kualitas kecepatan 4G saja masih belum merata di seluruh Indonesia, kini sudah mulai dipersiapkan layanan akses internet yang baru yaitu 5G. 

Eh, sekarang malah sudah mulai lagi dikembangkan jenis layanan akses internet yang lebih baru "Internet Kuantum". Bener-bener ya perkembangan teknologi.

Baca : Kapan 5G Hadir di Indonesia?

Apa itu internet kuantum?

Seperti dikutin dari detik.com, Tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh University of Bristol di Inggris, membuat langkah signifikan dalam mewujudkan jaringan internet yang diklaim sangat aman.

Dikutip dari Unilad, prototipe unik ini dapat mengubah komunikasi online dengan baik, dan disebut-sebut sebagai jaringan kuantum terbesar di jenisnya. Dalam laporan yang diterbitkan di jurnal ilmiah Science Advances, mereka menjelaskan bagaimana menggunakan prinsip yang dikenal sebagai keterjeratan untuk mengeksploitasi kekuatan dua partikel terpisah yang ditempatkan di lokasi berbeda, untuk meniru satu sama lain pada waktu yang sama persis.

Internet kuantum mengandalkan dasar mekanika kuantum dalam menyembunyikan data dari mata-mata. Kriptografi kuantum merupakan salah satu sistem komunikasi yang paling aman hingga saat ini. Dan prinsip-prinsip teknologi ini kelak akan sangat mungkin digunakan pada jaringan data yang membutuhkan keamanan ekstra.

Lalu apa yang dimaksud dengan internet kuantum itu? Pada dasarnya, saat partikel saling berhubungan inilah yang disebut keterikatan kuantum, ini sama persis dengan awal dimulainya teknologi internet yang kita pakai selama ini. Jadi sederhananya seperti ini : mengirim surat melalui komunikasi kuantum seperti sebuah surat yang dilindungi oleh foton sebagai layaknya amplop. Jadi isi pesan di dalam amplop akan tetap aman sampai tujuan.

Pengembangan internet kuantum

Dikutip dari teknologi.id, Internet kuantum selangkah lebih dekat untuk menjadi kenyataan. Minggu ini, tim peneliti gabungan yang terdiri dari para ilmuwan dari Caltech, Departemen Energi Fermilab, AT&T, Universitas Harvard, Lab Propulsi Jet NASA, dan Universitas Calgary mengumumkan bahwa mereka berhasil menteleportasi qubit foton melintasi sekitar 27 mil kabel serat optik.

Para ahli percaya internet kuantum dapat merevolusi berbagai bidang komputasi, termasuk kriptografi dan pencarian. Ini teknologi anyar, dan tentunya masih banyak membutuhkan waktu, bahkan jika jaringan dengan teknologi baru ini dimulai pada tahun 2030 perlu menyelaraskan dengan teknologi jaringan klasik agar keduanya bisa saling terhubung, seperti menghubungkan ke jaringan kuantum untuk mengirim pesan menggunakan kriptografi kuantum.

Semuanya membutuhkan proses dan penelitian yang panjang dan itu telah dilakukan oleh para ahlinya, sebagai pengguna internet, kita hanya menunggu dan mengikuti up date dari penemuan para periset-periset tersebut.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Kembali ke atas

Ayo bagikan artikel ini biar temanmu juga tahu!