3 Cara Mudah Backup Data dari Laptop Rusak

3 Cara Mudah Backup Data dari Laptop Rusak - Sebagian orang pasti pernah mengalami suatu masalah pada laptop yang dimilikinya

3 Cara Mudah Backup Data dari Laptop Rusak -  Sebagian orang pasti pernah mengalami suatu masalah pada laptop yang dimilikinya, bahkan yang terparah mungkin hingga menyebabkan laptop mati total. Kondisi seperti ini bisa dialami siapa saja dan kapan saja, karena bagaimanapun juga laptop hanyalah alat elektronik yang pasti bisa rusak.

3 Cara Mudah Backup Data dari Laptop Rusak

Masalahnya adalah ketika di dalam laptop yang rusak masih terdapat data-data penting yang kita butuhkan, sehingga mau tidak mau mengharuskan kita berpikir keras bagaimana cara menyelamatkan data tersebut.

Pasalnya, dengan mengambil data dari laptop yang rusak tersebut, kita akan menjadi sedikit lebih lega meski laptop tidak terselamatkan. Paling tidak, file-file penting entah itu file pekerjaan, memori kenangan, materi-materi belajar dan lain sebagainya masih dapat digunakan kembali.

Baca juga : 2 Cara Menambahkan dan Menghapus Google Drive di Navigasi Windows 10

Nah, buat kalian yang mengalami kerusakan pada laptop hingga tidak bisa hidup kembali, jangan berkecil hati terlebih dahulu terhadap data yang kamu miliki. Berikut ini admin sajikan beberapa cara mengambil data dari laptop rusak agar bisa digunakan kembali.

Ambil data menggunakan laptop lain

Jika laptop kamu memang sudah benar-benar mati dan saat kamu bawa ke servis membutuhkan biaya banyak, sebaiknya kamu lepas saja harddisk laptop dan memasangnya di laptop lain untuk mengambil data.

Caranya : Copot harddisk laptop kamu dan juga laptop yang masih normal. Lalu masukan hard disk kamu ke laptop yang masih normal. Maka data bisa kamu ambil dan memindahkannya ke flashdisk.

Cara ini berjalan jika sistem operasi pada laptop kamu masih berjalan. Jika sudah tidak berjalan coba lakukan install ulang.

Ambil data menggunakan alat bantu casing harddisk eksternal

Cara ini lebih mudah dari cara sebelumnya, karena kalian tinggal mengubah hard disk laptop kalian menjadi hard disk eksternal.

Kalian hanya perlu membeli casing hard disk eksternal untuk hard disk laptop yang saat ini sudah banyak dijual dengan harga mulai Rp 50 ribu saja. Contoh casingnya seperti ini.

3 Cara Mudah Backup Data dari Laptop Rusak

Caranya : Masukan harddisk dari laptop kamu yang mati ke casing harddisk eksternal ini. Casing harddisk eksternal ini sudah menggunakan USB jadi kamu bisa menghubungkannya di laptop lain untuk mengambil data.

Nah, setelah hard disk eksternal buatan kalian sudah terbaca di laptop lainnya, silahkan copy data-data penting ke laptop tersebut supaya file menjadi ganda.

Namun ada juga kekurangannya metode ini. Jika hard disk komputer atau laptop kalian bertipe ATA, maka sulit sekali untuk mencari casing hard disk eksternalnya. Dan kalau pun ada, bisa jadi harganya lebih mahal.

Baca juga : Cara Mengetik Tanpa Keyboard di Laptop/PC

Bawa ke Tempat Servis

Ini adalah cara terakhir yang bisa kalian lakukan jika kesulitan dalam mengambil data hard disk dari laptop yang rusak secara mandiri. Meminta bantuan orang yang lebih ahli adalah langkah yang tepat.

Selain menghindari resiko kerusakan yang lebih parah, membawanya ke tukang servis juga akan menghemat waktumu. Biasanya tukang servis lebih paham masalah seperti ini dan kemungkinan data kamu terselamatkan menjadi lebih besar.

Selamat mencoba.

sumber : teknologi.id

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas