Cara Mengetik Tanpa Keyboard di Laptop/PC

Cara Mengetik Tanpa Keyboard di Laptop/PC - Microsoft Word merupakan aplikasi perkantoran yang sering dipakai untuk mengetik

Cara Mengetik Tanpa Keyboard di Laptop/PC - Microsoft Word merupakan aplikasi perkantoran yang sering dipakai untuk mengetik yang merupakan salah satu produk keluaran Microsoft. Tapi tahukah kalian, jika Google juga mempunyai layanan serupa yang tidak kalah bagusnya?

Ya, nama layanan itu adalah Google Docs yang bisa kalian gunakan secara gratis. Fiturnya juga tidak kalah lengkap dengan Microsoft Word. 

Google Docs sendiri memerlukan koneksi internet untuk bisa menggunakan layanannya. Yang paling unik disini kalian bisa menggunakan voice typing atau dikte untuk melakukan pengetikan tanpa menyentuh papan ketik/keyboard.

Untuk bisa menggunakan fitur ini silakan dicoba langkah-langkahnya sebagai berikut.

Baca juga : Cara Membuat Tanda Tangan Digital Tanpa Aplikasi

Masuk ke akun gmail

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk dengan akun google milik kalian. Jika sudah anda bisa mengakses layanan Google Docs melalui link : https://docs.google.com/document/u/0/

Atur setelan bahasa

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah mengganti setelan bahasa pada Google Docs. Disini jika kalian hendak merekam suara dengan bahasa Indonesia maka ubahlah bahasanya menjadi Indonesia. Begitu pula yang lainnya jike menginginkan jenis bahasa yang lain.

Klik pada menu Setting atau Setelan.

Kemudian klik pada jenis bahasa, seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Silakan diubah sesuai dengan jenis bahasa yang akan dipakai.

Jika terdapat jenis bahasa lebih dari satu, bawalah naik jenis bahasa yang hendak kalian pakai dengan menekan tombol panah seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

Membuat dokumen baru

Langkah selanjutnya tentu saja membuat dokumennya, disini jangan pilih kosong/blank ya, karena pada beberapa kasus admin temukan fitur voice typing atau dikte tidak mau tampil. Serta usahakan kalian juga menggunakan browser Google Chrome.

Baca juga : Cara Mudah Mengganti Font Windows 10

Pilih saja selain kosong/blank, misalkan pada Resume Serif kemudian klik pada menu Alat --> Dikte.

Mulai merekam

Langkah terakhir, langsung saja klik pada lambang mikrofon yang muncul dan mulai merekam suara.

Rekaman suara anda akan secara otomatis diketik pada lembar kerja.

Jika terdapat masalah pastikan jenis bahasa yang anda pakai sudah sesuai, pastika juga alat seperti mikrofon yang dipakai. Jika mengalami kendala dengan mikrofon laptop silakan dicoba mikrofon eksternal misalkan pakai headphone atau headset.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas