Cara Mengatasi File Exe yang Dibuka dengan Program Lain

Cara Mengatasi File Exe yang Dibuka dengan Program Lain - Pada artikel kali ini kamu akan mengetahui bagaimana caranya mengatasi file .exe

Cara Mengatasi File Exe yang Dibuka dengan Program Lain - Pada artikel kali ini kamu akan mengetahui bagaimana caranya mengatasi file .exe yang terbuka dengan aplikasi atau program lain. Misalkan disini admin beri contoh aplikasi .exe yang harusnya dijalankan dengan aplikasi executable malah dibuka dengan aplikasi Windows Media Center atau Microsoft Store atau bahkan aplikasi lainnya.

Jika kamu mengalami hal tersebut pada komputermu berarti kamu sedang mengalami masalah yang sering disebut dengan problem with shortcut

Cara Mengatasi File Exe yang Dibuka dengan Program Lain

Lebih parahnya lagi aplikasi seperti File Explorer, Task Manager, Control Panel, CMD malah tidak bisa dibuka, ketika berhasil dibukapun malah dijalankan dengan aplikasi atau program yang tidak seharusnya.

Baca juga : Cara Memulihkan Windows yang Rusak dengan System Restore Point

Penyebab utama problem with shortcut pada Windows

Sebelum lanjut ke cara penyelesaian masalah, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang penyebabnya agar hal yang sama tidak terjadi di masa yang akan datang. Di bawah ini adalah beberapa penyebab dari problem with shortcut.

Adanya perubahan pada registry Windows

Registry ini adalah tempatnya peraturan-peraturan sistem dibuat, termasuk mengatur soal lokasi sebuah file. Ketika registry ini ada yang berubah maka perubahan tersebut akan langsung berdampak pada komputer kalian. Oleh karenanya, registry ini sangat penting dan Anda harus berhati-hati ketika ingin memodifikasinya.

Menjalankan file yang tidak dikenal

File-file asing mungkin secara tidak sengaja terklik, kemudian dijalankan oleh sistem. Kita tidak pernah tahu apakah di dalam file tersebut mengandung skrip berbahaya ataukah tidak.

Komputer terkena virus

Sudah tidak diragukan lagi, yang namanya virus pasti berdampak buruk bagi sistem komputer. Maka tidak menutup kemungkinan, jika kamu adalah pengguna komputer yang "jorok" dan komputer akhirnya bermasalah hal tersebut bukanlah perkara yang aneh untuk kamu sadari. Jadi mulai sekarang cobalah untuk menggunakan komputer dengan baik.

Nah dari beberapa penyebab masalah tersebut harusnya kalian sudah mengetahui penyebab problem with shourtcut yang kalian alami sekarang.

Cara mengatasi file exe yang dibuka dengan program lain

Untuk mengatasi permasalahan ini admin berikan dua cara, yaitu sebagai berikut.

Cara 1 - dengan menggunakan file .bat

Langkah 1 : Silakan kalian unduh shortcut repair yang sudah admin siapkan disini.

Langkah 2 : Setelah berhasil kalian unduh, langkah selanjutnya adalah menjalankan file shortcutrepair.bat tersebut dengan mode administrator. Klik kanan file shortcutrepair.bat tersebut kemudian pilih Run as administrator.

Langkah 3 : Mulai ulang (restart) komputer kalian.

Langkah 4 : Setelah hidup cobalah kembali membuka file .exe-nya.

Harusnya sekarang aplikasi atau file .exe sudah bisa dibuka dengan normal. Tetapi jika masih terdapat kendala silakan lanjutkan pada cara yang kedua.

Cara 2 - dengan menggunakan file .reg

Langkah 1 : Silakan unduh file .reg yang sudah admin siaplan melalui link berikut.

Langkah 2 : Buka file yang kalian unduh tersebut dengan winrar/winzip atau juga bisa kalian ekstrak, maka kalian akan menemukan dua buah file yaitu Default_EXE.reg dan Default_LNK_(Shortcut).reg.

Cara Mengatasi File Exe yang Dibuka dengan Program Lain

Langkah 3 : Bukalah Default_EXE.reg, kemudian akan mucul pesan peringatan menambahkan kode ke registry, tekan saja pada tombol Yes.

Cara Mengatasi File Exe yang Dibuka dengan Program Lain

Langkah 4 : Lakukan cara yang sama seperti langkah 3 untuk file Default_LNK_(Shortcut).reg.

Langkah 5 : Mulai ulang (restart) komputer kalian.

Langkah 6 : Setelah hidup cobalah kembali membuka file .exe-nya.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Anti Ransomware di Windows Defender

Sekian pembahasan kali ini mengenai cara mengatasi file .exe yang dibuka dengan program atau aplikasi lain. Jika masih terdapat masalah mari diskusikan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Rekomendasi artikel untuk anda :

Kembali ke atas

Ayo bagikan artikel ini biar temanmu juga tahu!