2 Cara Mengembalikan Menu Klik Kanan Windows 11 Seperti Windows 10

2 Cara Mengembalikan Menu Klik Kanan Windows 11 Seperti Windows 10 - Konteks Menu atau menu klik kanan pada Windows 11 memang dengan tampilan baru.

2 Cara Mengembalikan Menu Klik Kanan Windows 11 Seperti Windows 10 - Konteks Menu atau menu klik kanan pada Windows 11 memang dengan tampilan baru. Bagi anda yang tidak terbiasa dengan tampilan konteks menu ini justru akan terasa aneh.

Apalagi anda yang membutuhkan layanan menu untuk mendukung produktivitas dalam bekerja cepat, tampilan menu klik kanan ini justru terkesan memperlambat kerja. Bagaimana tidak, kita diharuskan mengklik/memilih tambahan menu supaya bisa mengakses tampilan konteks menu lama seperti Windows 10.

Mengembalikan Menu Klik Kanan Windows 11
Mengembalikan Menu Klik Kanan Windows 11

Baca juga: Cara Mengganti/Mengubah Font Windows 11 Tanpa Aplikasi

2 Cara Mengubah Konteks Menu Windows 11 Seperti Sebelumnya

Berikut admin bagikan tutorial singkat bagaimana cara mengembalikan tampilan menu klik kanan atau konteks menu layaknya seperti pada Windows sebelumnya. Dalam tutorial kali ini admin menggunakan dua cara yang sama mudahnya, kalian bisa menggunakan salah satu dari kedua cara berikut.

Cara 1. Menggunakan File Registry

Untuk cara yang pertama anda bisa menggunakan file registry yang telah admin sediakan. Silakan anda unduh dahulu filenya dengan menekan tombol download dibawah ini. Oh iya, jika anda baru pertama kali mengunduh file di situs ini silakan baca dahulu panduan cara downloadnya.

Zip Right click context menu.zip Download

Lanjut, jika sudah berhasil anda download silakan ekstrak file yang bernama win-11-old-right-click-context-menu-reg-hack.zip tersebut. 

Anda akan menemukan dua buah file, Enable dan Disable. Klik dua kali file Enable untuk mengembalikan tampilan menu klik kanan Windows 11 seperti pada versi Windows sebelumnya. Jangan lupa restrat komputer kalian untuk melihat perubahannya.

Sedangkan file Disable bisa anda gunakan jika anda ingin mengembalikan tampilan menu klik kanan atau konteks menu seperti sebelumnya.

Cara 2. Menggunakan Winaero Tweaker

Cara yang kedua ini sama mudahnya dengan cara yang pertama. Tapi disini admin menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang bisa anda unduh secara gratis. Tanpa berlama-lama silakan anda unduh dahulu aplikasinya dibawah ini.

Download Winaero Tweaker

Jika link download diatas tidak bekerja silakan klik tombol berikut untuk link alternatifnya:

Winaero Tweaker Alternatif

Jika sudah berhasil anda download, silakan install aplikasi Winaero Tweaker tersebut seperti biasa. Kemudian buka aplikasi tersebut jika sudah selesai proses instalasinya. Anda akan menemukan tampilan seperti gambar berikut.

Pada menu Windows 11 di jendela sebelah kiri, silakan anda pilih menu Classic Full Context Menus seperti pada gambar diatas yang ditunjunkan dengan anak panah.

Pada jendela sebelah kanan silakan anda centang pilihan Enable classic full context menus, jika sudah silakan anda restart atau hidupkan ulang komputer anda dan lihatlah perubahannya ketika komputer anda sudah hidup kembali.

Demikian tutorial singkat kali ini mengenai 2 Cara Mengembalikan Menu Klik Kanan Windows 11 Seperti Windows 10 atau versi Windows sebelumnya. Jika anda masih kebingungan atau kurang paham silakan tuliskan komentar pada kolom komenter dibawah ini. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Mengubah Taskbar Windows 11 Menjadi Transparan 100% Work

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas