Download Soal Numerasi Asesmen Nasional SD dan Kunci Jawabannya

Download Soal Numerasi Asesmen Nasional SD dan Kunci Jawabannya - Asesmen Kompetensi Minimum tingkat SD dilakukan untuk memetakan mutu pendidikan.

Download Soal Numerasi Asesmen Nasional SD dan Kunci Jawabannya - Asesmen Kompetensi Minimum tingkat SD dilakukan untuk memetakan mutu pendidikan. Lebih lanjut Mendikbud menyatakan bahwa perubahan paling mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara perorangan/individu, akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan yang berupa input, proses, dan hasil.

Soal Numerasi Asesmen Nasional SD dan Kunci Jawaban
Asesmen Nasional

Baca juga: Cara Install dan Login My SAPK BKN dengan Mudah

Seperti yang telah kita ketahui bersama jika Asesmen Nasional ini terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (Literasi dan Numerasi), Survei Lingkungan Belajar serta Survei karakter.

Asesmen Kompetensi Minimum seperti kata "minim" memiliki pengertian setidaknya peserta didik harus memiliki kemampuan numerasi dan literasi guna dapat bekerja secara produktif dalam kehidupannya. Istilah minimum juga memaknai bahwa konten yang diukur bukanlah seluruh konten pada kurikulum namun konten yang esensial/dasar.

Kemudian apakah perlu seorang peserta didik mengerjakan latihan soal atau mungkin sampai kursus di lembaga belajar sebagai persiapan menghadapi Asesmen Nasional?

Sebenarnya tidak perlu, karena kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal AKM akan terbina dengan sendiri apabila para guru di sekolah sudah membiasakan kegiatan literasi, berpikir kritis, dan menerapka kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam proses pembelajaran.

Tetapi lebih lanjut, perlu adanya pembinaan yang dilakukan oleh tenaga pendidik yang dalam hal ini adalah guru pada tiap jenjang satuan pendidikan guna mempersiapkan peserta didiknya menghadapi pelaksanaan Asesmen Nasional terutama pada jenjang Sekolah Dasar yang notabenanya kemampuan berpikir tingkat tinggi belum begitu terbentuk.

Tipe Soal Asesmen Nasional

Yang perlu diperhatikan adalah bentuk soal Asesmen Nasional terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.

  1. Pilihan ganda, murid hanya dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal.
  2. Pilihan Ganda Kompleks, murid dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal.
  3. Menjodohkan, murid menjawab dengan dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.
  4. Isian singkat, murid dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya.
  5. Uraian, murid menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

Download Soal Numerasi AKM Jenjang SD

Jika anda telah mengetahui tipe atau bentuk soal-soal Asesmen Nasional seperti yang disebutkan diatas, kali ini admin akan membagikan beberapa contoh soal numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum yang sudah dalam bentuk pdf sehingga dapat kalian pelajari atau dicetak.

Bagi anda yang belum tahu bagaimana caranya mengunduh file di situs ini ada baiknya kalian membaca panduan downloadnya terlebih dahulu supaya tidak kebingungan ketika mau mendownload filenya: baca cara download.

Download Soal Numerasi SD

Download juga soal-soal lainnya dengan menekan tombol berikut:

Download Soal AKM

Demikian sharing kali ini mengenai soal-soal numerasi asesmen nasional jenjang sekolah dasar (SD) berserta kunci jawabannya. Semoga apa yang admin bagikan dapat bermanfaat bagi anda semuanya. Selamat belajar!

Baca juga: Contoh SK Panitia Asesmen Nasional (ANBK) Terbaru

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas