Cara Install dan Login My SAPK BKN dengan Mudah

Cara Install dan Login My SAPK BKN dengan Mudah - My SAPK BKN merupakan aplikasi milik Badan Kepegawaian Negara yang bertujuan untuk memudahkan PNS

Cara Install dan Login My SAPK BKN dengan Mudah - My SAPK BKN merupakan aplikasi milik Badan Kepegawaian Negara yang bertujuan untuk memudahkan PNS dalam mendapatkan pelayanan kepegawaian-nya. My SAPK merupakan aplikasi berbasis android yang mudah dalam penggunaannya.

Cara Install dan Login My SAPK BKN dengan Mudah

Baca juga: Download APK Absensi Pegawai Pemprov Bali

Secara keseluruhan My SAPK merupakan sebuah sistem aplikasi pelayanan kepegawaian BKN untuk memudahkan kegiatan administrasi para PNS seperti penginputan gaji, PNS, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga sudah bisa di download di play store.

Cara Install dan Login Aplikasi My SAPK

Berikut merupakan langkah-langkah dalam menginstall aplikasi My SAPK di smartphone android.

Langkah 1. Silakan dibuka aplikasi Play Store di smartphone android yang sedang anda gunakan.

Langkah 2. Ketikkan pada kotak pencarian "My SAPK" (tanda petik) atau langsung klik disini.

Cara Install dan Login My SAPK BKN dengan Mudah

Langkah 3. Jika sudah ketemu langsung saja install (pasang) pada smartphone android anda.

Cara Install dan Login My SAPK BKN dengan Mudah

Langkah 4. Tunggulah beberapa saat karena aplikasi sedang diunduh dan dipasang pada smartphone android anda. Jika sudah selesai silakan langsung saja dibuka aplikasinya.

Langkah 5. Jika anda sudah mempunyai akun My SAPK maka bisa langsung login/masuk. Nah, apabila anda baru pertama menggunakan aplikasi ini maka akan bingung bagaimana mendapatkan akun (username dan password) untuk itu klik/tekan Lupa Password untuk mendapatkan atau registrasi ulang aplikasi My SAPK.

Cara Install dan Login My SAPK BKN dengan Mudah

Langkah 6. Langkah berikutnya masukkan NIP anda dan tekan tombol berikutnya.

Cara Install dan Login My SAPK BKN dengan Mudah

Langkah 7. Silakan anda Masukkan Password Baru dan Token yang sudah dikirimkan ke alamat email anda. Kemudian tekan Reset Password.

Cara Install dan Login My SAPK BKN dengan Mudah

Langkah 8. Jika berhasil maka akan ada pemberitahuan muncul bahwa password berhasil di update, seperti gambar dibawah ini.

Cara Install dan Login My SAPK BKN dengan Mudah

Langkah 9. Berikutnya anda tinggal memasukkan username dan password yang sudah anda update tadi. Username diisi dengan NIP dan Password diisi sesuai dengan langkah 7.

Cara Install dan Login My SAPK BKN dengan Mudah

Langkah 10. Selesai, anda telah berhasil masuk/login ke aplikasi My SAPK.

Cara Install dan Login My SAPK BKN dengan Mudah

Fitur My SAPK BKN

Sebagai salah satu aplikasi untuk memudahkan pelayanan kepegawaian di BKN, tentu ada banyak fitur di dalamnya. Berikut beberapa fitur yang ada di salam My SAPK BKN.

Profil PNS

merupakan sebuah fitur yang di dalamnya berisi data utama pegawai, posisi, jabatan dan golongan. Fitur ini berisi tentang identitas pribadi mengenai pegawai PNS tersebut secara garis besar.

Ubah Data

Fitur ini bermanfaat agar ASN atau pegawai bisa mengubah data yang ada di dalam database Nasional BKN seperti nomor telepon, alamat email, BPJS, NPWP, nomor Handphone, alamat rumah dan lain sebagainya.

My KPE

My KPE atau Kartu Pegawai Elektronik di dalam aplikasi ini merupakan versi virtual. Sekarang ASN atau pegawai tidak perlu lagi mencetak Kartu Pegawai Elektronik, Anda hanya perlu menggunakan KPE Virtual yang bisa di download dan dicetak untuk keperluan administrasi kepegawaian seperti Bapertarum, BPJS Kesehatan dan PT. Taspen.

Otentifikasi SK

Fitur Otentifikasi SK merupakan fitur yang berisi mengenai Surat Keputusan yang telah dikeluarkan oleh SAPK.

Pelacakan

Fitur pelacakan ini digunakan oleh ASN untuk mengetahui sejauh mana proses kepegawaian yang dimilikinya. Fitur ini sangat penting untuk para ASN atau pegawai.

Personalisasi

Personalisasi merupakan salah satu fitur di dalam aplikasi My SAPK BKN yang berfungsi untuk mengganti password di aplikasi My SAPK BKN.

Manfaat Aplikasi My SAPK BKN

Banyak sekali manfaat yang dimiliki aplikasi My SAPK BKN ini untuk para ASN dan BKN. Tidak heran jika aplikasi ini banyak di download dan diinstall oleh para ASN di Indonesia. Berikut beberapa manfaat dari My SAPK BKN.

  1. Memudahkan ASN dalam menyimpan data atau informasi.
  2. Memudahkan ASN menyampaikan informasi pribadi atau data diri langsung ke database BKN.
  3. Membuat ASN mudah dalam mengubah beberapa informasi dengan lebih cepat.
  4. Memudahkan permasalahan administrasi ketenagakerjaan milik para ASN Indonesia.
  5. Memudahkan ASN dalam mengecek kepegawaian-nya di BKN
  6. Memudahkan BKN dalam memperbarui informasi dan data milik ASN atau pegawai.

Dengan adanya My SAPK BKN diharapkan proses administrasi ASN atau BKN mengalami kemudahan baik untuk ASN itu sendiri atau untuk BKN. Untuk itu pihak BKN saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi mengenai aplikasi BKN yang sangat bermanfaat dan membantu ini.

Baca juga: Cara Verval Ijazah di InfoGTK untuk Seleksi PPPK

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas