Contoh Format Laporan Diklat/Bimtek Pengembangan Diri

Contoh Format Laporan Diklat/Bimtek Pengembangan Diri - Kegiatan pengembangan diri berupa diklat atau bimtek harus dibuat laporannya

Contoh Format Laporan Diklat/Bimtek Pengembangan Diri - Kegiatan pengembangan diri berupa diklat atau bimtek harus dibuat laporannya, terlebih jika anda menggunakan angka kredit dari kegiatan tersebut untuk melengkapi dupak kenaikan pangkat.

Contoh Format Laporan Diklat/Bimtek Pengembangan Diri

Baca juga: Format Laporan Karya Inovatif Guru (Penciptaan Karya Seni) Terbaru

Apa itu Pengembangan Diri?

Kegiatan pengembangan diri atau Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan kegiatan kompetensi guru yang dilakukan sesuai keperluan atau kebutuhan secara bertahap dan berkelanjutan guna meningkatkan profesionalitas seorang aparatur sipil negara.

Kegiatan pengembangan diri ini terdiri dari publikasi ilmiah, karya inovatif, diklat, bimtek dan lain-lain yang bertujuan untuk:

  1. Pengembangan diri guna mencapai kompetensi dasar yang disyaratkan bagi profesi guru
  2. Pengembangan diri untuk pendalaman dan pemutakhiran pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan kompetensinya sebagai guru
  3. Peningkatan keterampilan dan kemampuan guru untuk menghasilkan publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif
  4. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan tugas-tugas tambahan yang menunjang pengembangan karirnya sebagai guru
  5. Pemenuhan kegiatan lain yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan guru saat ini dan di masa mendatang.

Angka Kredit Pengembangan Diri

Dikutip dari Permenpan RB No. 16 Tahun 2009, adapun angka kredit untuk diklat atau bimtek sesuai dengan lama waktu atau durasinya dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

Fotokopi surat tugas dari Kepala Sekolah atau atasan langsung, atau instansi lain yang terkait yang telah disahkan oleh kepala sekolah atau atasan langsung terkait dengan keikutsertaan kegiatan pengembangan diri baik menggunakan moda tatap muka, kombinasi atara tatap muka dengan dalam jaringan maupun dalam jaringan secara penuh.Untuk guru atau tenaga pendidik yang ikut dalam diklat fungsional wajib melampirkan bukti fisik antara lain sebagai berikut:

  1. Fotokopi sertifikat diklat bagi guru yang telah disahkan oleh kepala Sekolah sedangkan bagi kepala sekolah disahkan oleh dinas pendidikan sebagai atasan langsung terkait dengan keikutsertaan kegiatan pengembangan diri baik menggunakan moda tatap muka, kombinasi atara tatap muka dengan dalam jaringan maupun dalan jaringan secara penuh.
  2. Laporan hasil pelatihan yang dibuat oleh guru yang bersangkutan terkait dengan keikutsertaan kegiatan pengembangan diri baik menggunakan moda tatap muka, kombinasi atara tatap muka dengan dalam jaringan maupun dalan jaringan secara penuh.

Download Format Laporan Pengembangan Diri

Bagi rekan-rekan tenaga pendidik atau guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan diri misalnya diklat fungsional atau bimbingan teknis haruslah membuat laporan pengembangan diri. Adapun contoh format laporan pengembangan diri dapat anda unduh dengan menekan tombol download dibawah ini.

Unduh Format Pengembangan Diri

Bagi anda yang mungkin kebingungan atau baru pertama kali mengunduh file disitus ini alangkah baiknya membaca panduan atau cara downloadnya: klik disini. File format laporan pengembangan diri sudah dalam format word sehingga mudah untuk anda edit dan sesuaikan dengan keperluan.

Demikian pembahasan mengenai contoh format laporan diklat dan bimtek pengembangan diri yang merupakan unsur dari pengembangan keprofesian berkelanjutan atau PKB. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya.

Baca juga: Format Laporan Karya Inovatif Teknologi Tepat Guna Terbaru

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas