Setting FlyExam Supaya Bisa Diakses Dari Jaringan Lokal/LAN

Setting FlyExam Supaya Bisa Diakses Dari Jaringan Lokal/LAN - pada kesempatan ini admin akan lanjutkan pembahasan bagaimana menyetting FlyExam.

Setting FlyExam Supaya Bisa Diakses Dari Jaringan Lokal/LAN - Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya flyexam merupakan paket aplikasi yang sangat cocok digunakan untuk ujian, baik lokal maupun online. Nah, pada kesempatan ini admin akan lanjutkan pembahasan bagaimana menyetting FlyExam supaya bisa diakses dari jaringan lokal atau Local Area Network.

Setting FlyExam Supaya Bisa Diakses Dari Jaringan Lokal/LAN

Persiapan

Dalam membangun sebuah jaringan, sahabat harus mengetahui dahulu jenis jaringan komputer yang sahabat akan pakai serta topologi jaringan yang hendak dibangun. Dalam kasus ini admin akan membangun sebuah jaringan komputer sederhana dengan jenis jaringan lokal atau populer dengan istilah LAN (Local Area Network) serta topologinya menggunakan topologi jenis star atau bintang. Bagi sahabat yang bingung mengenai jenis topologi bisa searching di internet ya 🙏

Setelah mengetahui jenis jaringan yang dipakai maka admin lanjutkan ke alat yang dibutuhkan. Adapun peralatan yang dibutuhkan adalah :

  1. Komputer Server
  2. Komputer Client
  3. Hub/Switch
  4. Kabel LAN
  5. Konektor Kabel LAN/RJ45

Rangkailah berbagai alat tersebut sehingga sesuai dengan topologi star/bintang. Ilustrasi topologinya bisa sahabat lihat pada gambar berikut :

Jika sudah mari kita lanjutkan ke instalasi perangkat lunak flyexamnya.

Instalasi FlyExam Server

Untuk pemasangan atau instalasi flyexam server sebenarnya sudah admin bahas pada artikel sebelumnya, bagi yang belum tahu silakan baca terlebih dahulu bagaimana cara menjalankan flyexam server di virtualbox.

Baca : Menjalankan FlyExam di VirtualBox

Setelah sahabat berhasil menjalankan flyexam di komputer server maka lanjutkanlah pada setting alamat ip flyexam server pada virtualbox. Tutorialnya bisa sahabat baca pada link berikut :

Baca : Mengubah IP Adress FlyExam Server

Nah sampai disini tinggal selangkah lagi maka flyexam bisa diakses dari jaringan lokal yang telah sahabat buat. Langkah terakhir adalah mengubah alamat ip komputer client menjadi satu segmen dengan komputer server. 

Misalkan begini, komputer server admin berikan alamat ip 192.168.1.2 (lebih baik tidak menggunakan alamat ip 192.168.1.1 karena gateway biasanya menggunakan alamat ip tersebut), maka komputer client selanjutnya bisa kita berikan alamat ip 192.168.1.3 sampai dengan 192.168.1.254 tergantung berapa komputer client yang akan dipakai ya.

Tutorial bagaimana cara mengganti alamat ip di komputer windows bisa sahabat baca pada artikel dibawah ini :

Baca : Cara Ganti IP Address di Windows

Selesai, kini flyexam sudah bisa diakses dari komputer client yang terhubung ke jaringan lokal/LAN. Cobalah dari salah satu komputer client akses alamat ip server flyexam diakhiri /fe5, misalkan dari contoh diatas alamat ip komputer server 192.168.1.2 maka ditulis pada browser komputer client 192.168.1.2/fe5. Berikut screenshot flyexam yang diakses dari komputer client.

Sekian pembahasan bagaimana cara menyeting flyexam supaya bisa diakses dari jaringan lokal, jika ada yang masih kurang paham atau ada pertanyaan silakan tuliskan di kotak komentar dibawah ya 👌

Rekomendasi artikel untuk anda :

Ayo gabung ke grup telegram dan dapatkan informasi terupdate, gratis! klik disini.

bagikan juga artikel ini biar temanmu juga tahu!

Kembali ke atas